Anies Dinilai Jadi Magnet Bagi Demokrat dan PKS Sambangi NasDem

Anies Dinilai Jadi Magnet Bagi Demokrat dan PKS Sambangi NasDem
Anies Baswedan. ©2022 Merdeka.com

Riauaktual.com - Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendatangi DPP NasDem usai partai besutan Surya Paloh itu menggelar rakernas. Pengamat Politik Adi Prayitno menilai banyaknya partai politik yang menyambangi NasDem karena manuver politik yang dilakukan oleh Ketua Umum Surya Paloh. Terutama, ketika tiga nama bakal calon presiden (capres) diumumkan yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo.

"Tentu tidak terlepas dari manuver politik yang dilakukan oleh Surya Paloh, terutama ketika mengusulkan nama Anies Baswedan berduet dengan Ganjar Pranowo," kata Adi Prayitno, saat dikonfirmasi, Minggu (26/6).

Sebab, ia menilai figur Anies dan Ganjar sebagai upaya menekan polarisasi serta identitas politik yang kurang lebih selama 10 tahun sudah berlangsung.

"Kemudian sangat relevan kenapa beberapa waktu yang lalu Prabowo Subianto juga mendatangi kantor NasDem konon di tempat itu dialog kedua tokoh ini tentang soal kemungkinan bagaimana duet antara Anies dan Ganjar bisa dipasangkan untuk 2024," ungkapnya.

Untuk pertemuan dengan Partai Demokrat, kata Adi, karena ada titik temu antara Anies yang sangat dimungkinkan bagi Demokrat menawarkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Kemudian, untuk pertemuan dengan PKS, karena konstituen partai tersebut mengarah kepada Anies Baswedan.

"Tentu ini sebagai upaya untuk menghilangkan satu dominasi politik yang sudah lama dilakukan oleh PDIP makanya ketika nama Anies diusulkan oleh NasDem maka secara bersamaan sebenarnya ini adalah satu front politik yang telah dilakukan oleh NasDem," papar Adi.

Oleh karena itu, mengapa partai politik datang silih berganti ke NasDem, usai ketiga sosok diumumkan sebagai bakal capres yang diusung NasDem.

"Jadi di antara tiga nama yang masuk dalam nominasi capres dan nama Anies lah yang kemudian pertama aman buat NasDem titik singgung dengan PKS dan Demokrat juga menemukan relevansinya," imbuhnya.

 

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Lainnya

View All