Pengamat : Peluang Airlangga di Pilpres 2024 Sangat Kuat

Pengamat : Peluang Airlangga di Pilpres 2024 Sangat Kuat
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto

Riauaktual.com - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dinilai tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas paling tinggi  dalam pemetaan suara masyarakat, terhadap kondisi politik dan ekonomi menjelang Pemilu Serentak 2024 dalam rangka penguatan kualitas demokrasi.

Direktur Eksekutif, Laboratorium Suara Indonesia (LSI)  Albertus Dino S.Phil mengatakan, penilaian terhadap Airlangga tersebut setelah pihaknya menggelar survei kepasa 2080 pertanyaan. 

Survei yang diajukan bertema pemetaan kondisi sosial, politik, ekonomi jelang pemilu, mengukur preferensi pemilih terhadap figur calon presiden dan partai politik, serta mengukur evaluasi publik terhadap keadaan ekonomi dan kinerja pemerintah (approval rating).

“Setujukah Anda bahwa tokoh tokoh bakal capres yang saat ini ada menjabat di pemerintahan dalam kinerja dan programnya serta kebijakannya telah memberikan dampak positif bagi kehidupan ekonomi keluarga Anda?"

Hasilnya nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto disetujui oleh sebanyak 48,3 persen respoden sebagai tokoh bakal Capres yang rekam jejak kinerja, program dan kebijakannya  memberikan pengaruh positif pada kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat.

Kemudian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disetujui oleh 12,4 persen, Anies Baswedan (10,2), Puan Maharani (9,2),Khofifah Indarparawansa (9,2), Prabowo Subianto (7,2), Ridwan Kamil (7,1), Erick Thohir (5,2), Sandiaga Uno (4,2), Andika Perkasa (1,9), LaNyalla Mattalitti (1,6), Muhaimin Iskandar (1,2).
 
Selanjutnya, 2080 responden diberikan pertanyaan “jika hari ini digelar pemilihan presiden tokoh mana yang akan anda pilih sebagai Presiden RI ?".
Hasil survei menunjukan nama Airlangga Hartarto paling banyak dipilih oleh responden dengan tingkat keterpilihan sebanyak 28,2 persen. 

Kemudian disusul Ganjar Pranowo (10,8), Prabowo Subianto (9,2), Andika Perkasa (7,2), Anies Baswedan (5,2),  LaNyalla Mataliti (3,3), Khofifah Indarparawansa (3,2), Puan Maharani (2,2), Ridwan Kamil (1,8), Erick Thohir (1,6), Sandiaga Uno (1,4), Muhaimin Iskandar (1,2) dan tidak memilih (24,7).
 
Pengamat Politik dari Universitas Andalas Asrinaldi mengatakan, melihat hasil survei LS,l terlihat jelas peluang Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres). Ia menilai Airlangga Hartarto memiliki peluang besar di Pemilu 2024. Kinerja Airlangga bisa menghantarkan  ketum Golkar sebagai tokoh politik yang elektabilitas tinggi. 

"Peluang Airlangga menang dipilpres  2024 sangat besar meskipun harus bersaing dengan tokoh nasional seperti Prabowo,  Puan Maharani,  Ganjar, Anies dan lainnya," tambahnya.

Berita Lainnya

View All