Bupati Siak Targetkan Pendapatan Zakat Lima Tahun Kedepan Meningkat Rp40,6 Miliar

Bupati Siak Targetkan Pendapatan Zakat Lima Tahun Kedepan Meningkat Rp40,6 Miliar
Ketua Baznas Siak Samparis

Riauaktual.com - Bupati Siak Alfedri menargetkan pendapatan zakat selama lima tahun kedepan (2022-2017) meningkat  Rp40,6 miliar. 

Diperiode pertama (2016-2019), kata Alfedri zakat berhasil terkumpul di Baznas Siak dari Rp10 miliar naik menjadi Rp20,3 miliar atau naik 100 persen.

Oleh karena itu kata dia lima tahun kedepannya tak mungkin pendapatan zakat di Baznas Siak tak bisa terkumpul menjadi Rp40,6 miliar. 

"Dalam kajiannya, dulu potensi zakatnya Rp36 miliar itu potensi lama, kalau sekarang tentu jauh dari itu potensinya, kalau bisa digarap dengan baik akan luar biasa,"harap Alfedri, Jum'at (24/06/2022).

Sementara ketua Baznas Siak Samparis menerangkan, periode pertama Baznas Siak dari Rp10 miliar lalu naik Rp20,3 miliar atau naik 100 persen.

"Kewajiban kita sekarang selama lima tahun paling tidak kita mampu mengumpulkan Rp40,6 miliar, kalau tak mampu kita termasuk orang yang merugi," ujarnya.

Lanjutnya, tugas dan fungsi Baznas memiliki tugas dan kewajiban untuk dapat mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Siak.

Sementara target penyaluran zakat, kata Samparis sesuai dengan RKAT yang telah disusun Baznas Kabupaten Siak tahun 2022, yakni Rp18 milyar.

"Untuk penyalurannya dibagi dalam program pendistirbusian dan pendayagunaan, antara lain bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, kemanusiaan dan dakwah,"kata Samparis.

Selain itu, Samparis menjelaskan kini Baznas sudah memiliki 3 balai ternak yang dikelola oleh mustahik agar dapat meningkatkan ekonomi warga masyarakat.

Berita Lainnya

View All