Lima Cara Menjaga Kesehatan Mata Seiring Bertambahnya Usia

Lima Cara Menjaga Kesehatan Mata Seiring Bertambahnya Usia
Ilustrasi mata. Shutterstock/szefei

Riauaktual.com - Seiring bertambahnya usia, sejumlah masalah kesehatan bakal menyerang tubuh kita. Hal yang sama juga terjadi pada mata kita.

Menurunnya kemampuan mata dalam melihat secara normal ini tentu membuat frustrasi. Terdapat berbagai masalah berbeda yang bisa dialami oleh mata seiring bertambahnya usia.

Masalah yang terjadi pada mata ini biasanya akan berangsur muncul secara perlahan seiring waktu. Mencegah masalah ini memburuk bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Cara-cara sederhana yang dilakukan bisa membuat kondisi mata tetap prima hingga usia senja. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kesehatan mata memburuk seiring usia.

1. Periksa Mata secara Rutin

Cara terbaik untuk melindungi kesehatan mata adalah dengan memeriksanya secara rutin. Hal ini bisa sangat membantu dalam mencegah terjadinya masalah kesehatan mata yang berangsur memburuk seiring usia.

Pemeriksaan mata ini semakin penting dilakukan secara rutin pada usia di atas 65 tahun. Mengetahui kondisi mata bisa membuatmu mencegah sebelum kondisinya semakin memburuk.

2. Berhenti Merokok

Merokok tak hanya menjadi penyebab munculnya sejumlah jenis kanker namun juga bisa menyebabkan masalah pada mata. Oleh karena itu, berhenti merokok bisa menjadi cara dalam menjaga kesehatan rumah.

3. Jaga Tekanan Darah Normal

Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko dari munculnya masalah kesehatan mata. Menjaga tekanan darah tetap normal dengan pola makan dan olahraga bisa menjadi cara menjaga masalah kesehatan lebih jauh.

Advertisement

4. Menggunakan Kacamata Hitam

Cahaya matahari memang hal yang dibutuhkan tubuh, namun ternyata sinar ini bisa sangat menyakiti mata. Paparan dari cahaya UVA dan UVB ini diketahui merupakan penyebab utama dari katarak. Memakai kacamata hitam bisa menjadi cara untuk mencegah masalah lebih lanjut.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang tepat terutama mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin E, dan zinc bisa menjadi cara melindungi mata. Konsumsi makanan dengan beragam warna juga bisa sangat membantu dalam mencegah munculnya masalah kesehatan pada mata.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu terapkan untuk mencegah munculnya masalah kesehatan pada mata. Kondisi mata yang sehat ini bisa sangat membantu kita menua dengan lebih baik.

 

 

Sumber: Okezone.com

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index