Pukul Berapa Waktu Terbaik untuk Tidur di Malam Hari?

Pukul Berapa Waktu Terbaik untuk Tidur di Malam Hari?
Tidur ideal (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - TIDUR sama pentingnya dengan asupan makan, minum dan berolahraga bagi kesehatan manusia secara menyeluruh. Tidak hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan secara mental.

Mengenai durasi tidur, kita sering mendengar kalau untuk orang dewasa, minimal setiap malam bisa mendapatkan waktu tidur selama tujuh jam. Tapi aturan durasi ini tidak bisa disamaratakan untuk semua usia.

Sebab, beda usia maka beda pula durasi tidur yang dibutuhkan. Dimulai dari bayi sampai berusia tiga bulan butuh tidur selama 17 jam, bayi 12 bulan membutuhkan total waktu tidur selama 16 jam, lalu anak-anak berusia 1 sampai 2 tahun harus tidur 14 jam dalam sehari.

Selanjutnya anak-anak usia tiga sampai lima tahun, direkomendasikan para ahli mendapatkan waktu tidur total sebanyak 13 jam. Lain lagi dengan anak yang beranjak remaja yakni anak di usia sembilan sampai 12 tahun itu membutuhkan sekitar 12 jam waktu tidur dalam sehari.

Nah, sedangkan anak remaja usia 13 sampai 18 tahun setidaknya membutuhkan sampai 10 jam waktu tidur setiap harinya. Kemudian orang dewasa di usia 18 sampai 60 tahun, butuh setidaknya tujuh jam waktu tidur di setiap malam.

Beda lagi dengan yang usia sudah menginjak 61 sampai 64 tahun, butuh sampai sembilan jam per malamnya. Terakhir, lansia umur 65 tahun ke atas membutuhkan setidaknya tujuh sampai delapan jam tidur di malam hari.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, jam berapa yang dinilai sebagai waktu terbaik untuk berangkat tidur di malam hari? Well, waktu terbaik untuk tidur di malam hari adalah kerangka waktu di mana Anda bisa mencapai durasi tidur yang direkomendasikan untuk kelompok usia sesuai umur Anda.

Mengutip Healthline yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Kevin Martinez. M.D, Jumat (24/6/2022), kita bisa mengetahui waktu tidur terbaik, dengan berdasarkan kapan kita harus bangun di pagi hari keesokan harinya.

Caranya tinggal menghitung mundur tujuh jam (minimum durasi yang disarankan per malam untuk orang dewasa). Misalnya, jika kita harus bangun sebelum pukul 6 pagi, maka idealnya kita sudah bisa harus beristirahat tidur sebelum pukul 11 malam.

Berita Lainnya

View All