Capaian Vaksin Booster Rendah, Diskes Pastikan Tak Ada Efek Membahayakan

Capaian Vaksin Booster Rendah, Diskes Pastikan Tak Ada Efek Membahayakan
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi Saragih

Riauaktual.com - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru sudah di atas 100 persen dari target. Namun, itu masih untuk suntikan vaksin dosis pertama. 

Banyaknya masyarakat yang enggan menyelesaikan vaksinasi Covid-19 hingga ke tahap ketiga atau booster, membuat capaian vaksinasi booster sampai saat ini masih rendah. 

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi Saragih mengatakan, pihaknya masih terus berupaya agar partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi booster terus meningkat. 

"Status pandemi Covid-19 masih belum dicabut oleh WHO atau juga Kementerian Kesehatan. Karena itu kegiatan vaksinasi Covid-19 masih terus akan dilanjutkan," terang Zaini, Minggu (19/6/2022). 

Mengenai adanya kabar yang beredar di masyarakat perihal adanya efek samping dari vaksinasi booster, dijelaskan Zaini vaksin yang digunakan sama dengan vaksin pertama. Meskipun ada efek sampingnya namun tidak membahayakan.

"Dampak berupa pegal pada bagian yang disuntik atau merasa lelah adalah hal yang lumrah. Kalaupun ada ada efek lain bisa dibantu obat, bisa diminta ke petugas medis yang melakukan vaksin," jelas Zaini. 

Zaini juga memastikan sampai sejauh ini belum ada efek yang membahayakan dari vaksinasi Covid - 19. Untuk itu Zaini mengajak masyarakat untuk bersedia jalani vaksinasi booster.

"Sudah ratusan ribu bahkan jutaan yang disuntik vaksin, tidak hanya di Pekanbaru tapi juga di Riau dan seluruh Indonesia," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index