Suka Marah-Marah, Salah Satu Gejala Demensia

Suka Marah-Marah, Salah Satu Gejala Demensia
Suka marah-marah (Foto: istock)

Riauaktual.com -  Salah satu penyakit yang sering dialami orang lanjut usia adalah demensia. Para pengidap demensia biasanya akan mengalami perubahan perilaku. Salah satunya suka marah-marah dan sedih. Hal ini diungkapkan Dosen Unika Atma Jaya sekaligus Dokter, dr Tara Puspitarini Sani.

Dokter Tara mengatakan, beberapa gejala orang dengan demensia (ODD) yang bisa mudah ditemukan di antaranya sering lupa, sering kesasar saat keluar rumah. Selain itu juga kadang menaruh barang tidak pada tempatnya.

“Pengidap demensia kadang juga salah dalam memanfaatkan uang,” terang Dokter Tara.

Seperti dilansir Antara, menurut Dokter Tara, demensia dengan pikun sama. Pengidap ini tidak hanya pada faktor lupa saja. tetapi juga menyangkut perubahan perilaku dan kesalahan pada keputusan.

“Pengidap demensia juga ada gangguan komunikasi dan kesulitan pada psikososial,” terangnya.

Menurut dia, demensia jenis alzheimer paling banyak ditemukan di Indonesia. Dan banyak diidap oleh usia lanjut (Lansia).

Sejatinya, lanjut Dokter Tara, cara guna menghindari demensia dilakukan dengan stimulasi otak atau secara mental dan spiritual. Dengan sering cek kesehatan, menghindari asap rokok, rajin melakukan aktifitas fisik, istirahat yang cukup, juga pandai dalam mengelola stres.

“Kita harus punya waktu untuk mengelola stres. Ini penting agar terhindar dari demensia,” kata Dokter Tara.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index