Hancurkan Nepal 7-0, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia

Hancurkan Nepal 7-0, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia
Pemain Indonesia Dimas Drajad (kiri, bawah) berselebrasi dengan rekan-rekannya seusai membobol gawang Timnas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Selasa, 14 Juni 2022. (Foto: Antara/Humas PSSI)

Riauaktual.com -  Timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia 2023 setelah menghancurkan Nepal, 7-0, dalam pertandingan di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Kuwait, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Timnas Indonesia hanya butuh seri untuk lolos setelah dalam pertandingan sebelumnya, Yordania menundukkan tuan rumah Kuwait, 3-0. Namun melawan Nepal, pasukan Shin Tae-yong tampil sangat dominan dan seharusnya bisa menang dengan angka lebih telak karena beberapa peluang emas gagal membuahkan gol.

Dengan koleksi 6 poin dari tiga pertandingan, Indonesia menempati posisi kedua di Grup A di bawah Yordania yang mengumpulkan 9 poin. Indonesia pun lolos ke putaran final Piala Asia yang digelar 2023 mendatang sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik dari enam grup babak kualifikasi ini bersama Kyrgystan, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong.

Timnas Indonesia mengusung formasi 3-4-3. Di barisan depan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasang Witan Sulaiman, Dimas Drajad, dan Saddil Ramdani. Sementara di tengah dipasang Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya. Sementara di belakang dipasang tiga bek, Fachruddin, Elkan Baggott dan Rizky Ridho. Mereka mengawal kiper Nadeo Argawinata.

Dominasi Timnas Indonesia ditunjukkan dengan gol pertama yang tercipta saat pertandingan baru berjalan enam menit. Dimas Drajad membobol gawang Nepal dengan sundulan setelah mendapat umpan dari Asnawi.

Pada menit ke-33, salah satu pemain Nepal S Aryal diusir wasit karena mendapat kartu kuning kedua. Tim Asia selatan ini pun harus tampil dengan 10 pemain. Gol kedua Indonesia terjadi dua menit sebelum babak pertama usai. Gol terjadi berkat aksi Witan Sulaiman.

Pemain bernomor punggung 8 ini memanfaatkan bola umpan menyusur tanah yang dikirim Asnawi. Bola sodoran pemain Ansan Greeners itu disambut dengan kaki kanan yang membuat kiper Nepal tak berdaya.

Timnas Indonesia menambah keunggulan pada menit ke-54, melalui aksi Fachruddin Aryanto. Hanya satu menit kemudian Saddil kembali Timnas Indonesia menambah koleksi gol menjadi 4-0.

Timnas Indonesia sebenarnya membuat banyak peluang mas namun gagal membuahkan gol. Beberapa peluang emas yang terbuang tersebut didapatkan Witan dan Muhammad Rafli.

Tim Garuda akhirnya menambah keunggulan menjadi 5-0 pada menit 80 melalui Elkan. Tak lama kemudian Timnas Indonesia membuat skor menjadi 6-0, setelah Witan mencetak gol keduanya pada menit ke-81.

Indonesia melengkapi kemenangan menjadi 7-0 setelah Marselin Ferdinan mencetak gol pada injury time. Kemenangan ini membawa Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia.

 


 

Sumber: BeritaSatu.com

Berita Lainnya

View All