Bupati Beserta Wabup Siak Resmikan Tiga Ruang Kelas Baru Ponpes Belajar Khusus Hadist

Bupati Beserta Wabup Siak Resmikan Tiga Ruang Kelas Baru Ponpes Belajar Khusus Hadist

Riauaktual.com - Meskipun ditengah teriknya matahari, tak menyurutkan semangat pimpinan dan puluhan santri menyambut kehadiran bupati dan wakil bupati Kabupaten Siak Alfedri-Husni untuk meresmikan langsung penambahan tiga Ruang Kelas Baru (RKB) Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hadits Sultan Yahya, Selasa (14/06/2022) kemarin.

Diceritakan pimpinan Ponpes H Rasyid Suharto, tiga RKB itu dibangun berkat usaha Pemerintah Kabupaten Siak melalui bantuan dana CSR Bank Riau Kepri. 

Sebelumnya kata Rasyid, Ponpes membidangi ahli Tahfiz Hadist itu juga mendapat bantuan tiga ruang kelas belajar dari dana CSR PT Bumi Siak Pusako (PT BSP).

"Sekarang ini sudah ada 6 kelas yang bisa dipakai oleh santri untuk mendapatkan ilmu Tahfiz Hadist. Semua ini tidak lepas dari pengaruh besar bupati," kata H Rasyid ke Riauaktual.com.

Dan ide pembangunan Ponpes diatas lahan Wakaf, lanjut H Rasyid atas gagasan bupati Siak Alfedri yang juga selaku ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Siak.

"Ponpes Tahfiz Hadist ini baru berdiri selama dua tahun lebih. Dan pertama ada di kabupaten di Provinsi Riau. Menariknya, gagasan awal dibangunnya Ponpes ini dari ketua BWI Kabupaten Siak, yakni pak Alfedri, bupati kita," terangnya.

Ia menceritakan, saat ini sudah banyak anak dari masyarakat Siak mendaftar menjadi calon santri. Awalnya kata dia, di Ponpes tersebut santri yang ada cuma 80 orang.

"Dan diajaran baru ini yang mendaftar sudah 70 orang, sedangkan kita cuma menerima 50 orang. Insyaallah, di Ponpes ini juga nantinya akan dibangun Masjid, sumber anggarannya dari APBD Siak. Kita berharap kedepannya, masih ada lagi bantuan pihak swasta untuk penambahan pembangunan untuk perkembangan Ponpes,"harap dia.

Bupati Siak, Alfedri menjelaskan bantuan pembangunan RKB di Ponpes tersebut awalnya dari bantuan CSR PT BSP tahun 2020. Selanjutnya, tahun 2021 mendapat bantuan CSR dari Bank Riau Kepri. Selain itu, ada bantuan pembangunan dua ruko dari BWI Siak melalui wakaf seribu rupiah sehari.

"Harapan kami, ke depannya menyusul bantuan pihak-pihak lain untuk membantu perkembangan Ponpes Tahfiz Hadist ini. Sehingga bisa melengkapi apa yang dibutuhkan oleh Ponpes," harapnya.

"Pembangunan Masjid yang disampaikan oleh pak Rasyid tadi, dibangun menggunakan anggaran Pemkab Siak. Nantinya Masjid tersebut tidak hanya digunakan untuk para santri, namun untuk masyarakat umum juga,"terang Alfedri.

"Sebab kita lihat di jalan Tengku Buwang Asmara ini belum ada Masjid, sementara di sini sudah padat penduduk. Dan di sekitar tanah wakaf Ponpes ini juga Insya Allah akan dibangun tempat latihan berkuda, tambahnya.

Ia berharap, adanya penambahan RKB tersebut bisa menambah minat bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Ponpes bidang Hadits.

"Harapan saya, ibu dan bapak anak-anak di Siak ini bangga anaknya hafal Al Qur'an dan Hadits. Kedepannya, generasi inilah yang kita harapkan bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Siak," pungkasnya.

Untuk diketahui dalam acara tersebut juga terlihat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, Direktur Operasional Bank Riau Kepri Syamsuri, Ketua Baznas Siak Samparis, dan pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Riau.
 

Berita Lainnya

View All