Besok Berakhir, Diskes Optimis Pekanbaru Turun ke PPKM Level 1

Besok Berakhir, Diskes Optimis Pekanbaru Turun ke PPKM Level 1
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih. (Istimewa)

Riauaktual.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Kota Pekanbaru berakhir besok, Senin (6/6/2022). Satgas Covid-19 nasional bakal evaluasi terkait kelanjutan kebijakan tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih menyebut, situasi sebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru saat ini cenderung melandai. Bahkan sepekan terakhir kasus positif nihil. 

Dirinya mengaku optimis Pekanbaru nantinya bisa terapkan kebijakan PPKM Level 1. Pasalnya, saat ini mayoritas kecamatan sudah berada di zona hijau atau tidak terdampak Covid- 19.

"Bahkan kalau nihil terus (kasus positif) kita bisa langsung ke zona hijau. Tidak ada kasus sama sekali," ujar Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (6/6/2022). 

Menurutnya, pada evaluasi sebelumnya Pekanbaru masih terganjal untuk berada pada PPKM Level 2. Ada dua indikator yang belum di penuhi. Yaitu adanya kasus positif dan adanya satu pasien positif yang meninggal dunia. 

Dari pemetaan yang dilakukan Diskes Pekanbaru dari 30 Mei hingga 5 Juni 2022, 15 kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru sudah berada pada zona hijau. Begitu juga dengan kelurahan, total 83 kelurahan sudah berada pada zona hijau. 

"Di tanggal 6 besok untuk memutuskan Pekanbaru apakah berada di zona hijau atau belum. Tunggu evaluasi satgas nasional," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index