Pemko Pekanbaru Stop Pembangunan Pasar Cik Puan Selamanya

Pemko Pekanbaru Stop Pembangunan Pasar Cik Puan Selamanya
Pasar Cik Puan terbengkalai

PEKANBARU (RA) - Akhirnya teka-teki terkendalanya pembangunan pasar Cikpuan terbuka sudah, pemerintah kota Pekanbaru tidak lagi berniat melanjutkan pembangunan pasar ini. Meski sudah Rp20 miliyar dana APBD kota selama dua tahun dihabiskan ke pasar ini, pemko pekanbaru tidak ingin rugi lebih banyak lagi. Demikian dikatakan langsung oleh walikota Pekanbaru Firdaus MT, Rabu (1/8).

Ketegasan yang diambil Firdaus MT ini erat kaitannya dengan tidak didapatnya titik temu antara pemko pekanbaru dengan pemprov Riau terkait Pasar Cik Puan.

"Kita tidak ragu-ragu lagi untuk melepas pasar cik puan ini. Sudah kita jelaskan kepada pemprov namun hingga sekarang tidak ada titik temunya dan dibiarkan seperti itu. jadi saya tegaskan Pebangunan pasar tersebut tidak akan kita kelola lagi dimasa akan datang," terang Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT di Kantor Walikota Pekanbaru.

Dijelaskannya, langkah tersebut dilakukan karena Pemprov tidak juga bisa bersikap terkait lahan tersebut. Tahun 1973, lahan cik puan ini diserahkan hak kelolanya kepada Pemko hanya menggunakan surat. Karena lahan tersebut tidak diketahui siapa pemiliknya dan Pemko hanya bisa membangun di lahan yang sudah ada hak milik, terpaksa pembangunan tersebut dihentikan.

Bahkan tidak hanya itu, lanjutnya, pemrpov Riau sendiri yang mengaku sebagai pemilik tidak memiliki legalitasnya dan tidak bisa membuktikan hal ini ke pemko Pekanbaru. Selaian melepas lahan tersebut, pemko juga menyatakan harus mengkaji ulang dan lebih tegas pada Kerjasama Pemko dan Pemprov Riau. Terutama untuk investasi pemko yang sudah tertanam Rp20 Milyar pada pasar ini, Walikota menyatakan jika pemprov mengembalikan maka siap menerima. Sementara nasib pedagang, Walikota Pekanbaru menegaskan terminal tersebut tetap akan menjadi pasar.

"Kita pengalaman dengan pasar yang kita miliki, semuanya bermasalah. Makanya ini menjadi evaluasi kita agar tiada ada masalah lagi, terutama soal bangunan pasar tersebut. Untuk pedagang diharapkan jangan panik karena insyallah ditempat mereka tidak akan ada yang mengusur," tuturnya (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index