Dinilai Berjasa Mengarsipkan Kerajaan Siak, Bupati Alfedri Mendapat Penghargaan Dari Arsip Nasional RI

Dinilai Berjasa Mengarsipkan Kerajaan Siak, Bupati Alfedri Mendapat Penghargaan Dari Arsip Nasional RI
Wakil Bupati Siak Husni Merza didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak Darusallim menerima piagam penghargaan dari ANRI melalui Menpan RB

Riauaktual.com - Bupati Siak, Drs H Alfedri menerima piagam penghargaan sebagai kepala daerah yang berkomitmen di bidang kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Tjahjo Kumolo di hari Kearsipan Nasional ke 51.

Penghargaan tersebut, diterima oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Siak Darusallim di Pekanbaru, Selasa (17/05/2022) kemaren.

Husni Merza menjelaskan, piagam tersebut diberikan karena Bupati Alfedri dinilai berjasa dalam mengarsipkan kerajaan Siak dan situs situs sejarah peninggalan Sultan Syarif Kasim.

Menurut Husni, piagam itu sebagai tonggak atau pemicu Pemkab Siak untuk terus berupaya mendokumentasikan situs sejarah yang ada di kota Istana Matahari Timur tersebut.

"Kedepan, arsip kerajaan siak ini dapat dilestarikan diarsipkan sehingga anak cucu dapat mengetahui situs situs sejarah," terang Husni Merza, Kamis (19/05/2022).

Selain itu, ia mendapat arahan langsung dari menteri Menpan dan RB, bahwa Pemkab Siak harus memiliki arsip kepemimpinan pemerintah kabupaten bupati pertama hingga sekarang dan seterusnya.

"Kedepan Pemkab Siak akan memiliki arsip pemerintahan dari awal menjadi otonomi daerah (pemekaran) bupati pertama yakni T. Rafian, Arwin, Syamsuar hingga masa jabatan pak Alfedri sekarang ini serta wakil wakilnya," kata Husni Merza.

Oleh sebab itu, ia meminta kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak untuk menyediakan ruang arsip untuk bupati pertama hingga bupati yang menjabat saat ini.

"Saya sarankan kepada dinas terkait untuk menyediakan ruang arsipnya. Jadi di arsip tersebut nantinya menjelaskan tentang siapa saja mereka, apa sejarah mereka dan apa saja sejarah yang telah mereka lakukan dimasa kepemimpinannya," pungkas Husni. (Infotorial)

Berita Lainnya

View All