Indonesia vs Thailand, Garuda Muda Siap Robohkan Gajah Putih

Indonesia vs Thailand, Garuda Muda Siap Robohkan Gajah Putih
Dok: PSSI Proyeksi pemain Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2022 Vietnam

Riauaktual.com - Timnas U-23 Indonesia siap tempur melawan Thailand. Laga semifinal SEA Games 2021 ini akan digelar di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, sore ini.

Menurut Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong, ajang SEAGames berbeda dengan Piala AFF. Karena di ajang multi event tersebut, setiap tim turun dengan skuad di bawah usia 23 tahun dengan tambahan tiga pemain senior.

“Saya sudah punya pengalaman di Piala AFF dan ini pertama kali di SEA Games. Thailand, Vietnam dan Indonesia selalu jadi saingan,” kata Shin Tae-yong.

“Kami memang kalah oleh Thailand di Final Piala AFF 2020, tetapi situasi kali ini berbeda. Ini turnamen untuk tim U-23, dan kami sudah melakukan persiapan cukup baik untuk melawan Thailand,” tambahnya sebagaimana dilansir dari RM.id.

Shin juga menyatakan, Saddil Ramdani sudah bergabung lagi bersama Indonesia mulai hari ini. Meski begitu, Asnawi Mangkualam absen di laga ini karena akumulasi kartu kuning.

“Ilham Rio saat itu menjadi starter saat laga perdana melawan Vietnam, meski belum maksimal. Tetapi setelah itu, performa dirinya makin naik sebagai pemain pengganti di babak kedua setiap laga. Untuk besok, apakah Ilham Rio main atau tidak, lihat saja nanti,” ucap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sementara, gelandang Timnas U-23 Indonesia Marc Klok mengaku dalam kondisi oke jelang menghadapi tim berjulukan Gajah Putih.

“Kami tidak ada masalah dan siap melawan Thailand. Ya mereka tim yang bagus, namun kami harus yakin meraih kemenangan,” kata Marc Klok.

“Dari awal saya sudah bilang, target saya adalah juara. Siapa pun lawannya, kami harus siap dan kalahkan. Kami harus selalu bekerja keras, disiplin dan fokus,” tambah pemain Persib Bandung itu.

Indonesia sudah puasa medali emas SEA Games selama 31 tahun. Marc Klok selalu bilang bahwa ingin mengakhiri dahaga gelar buat Timnas Indonesia U-23.

“Sebelum kami kalah lawan Vietnam, mungkin orang-orang stres atau panik. Namun, kami harus percaya diri dan melihat target,” tegas Marc Klok.

Timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal setelah menempati posisi runner up Grup A. Dari empat kali bermain, Indonesia meraih sembilan poin dari tiga kali kemenangan dan sekali kekalahan. Sedangkan Thailand lolos berstatus sebagai juara Grup B. Thailand berhasil mengoleksi sembilan poin.

Di atas kertas dari lima pertemuan terakhir, Thailand memiliki rekor lebih baik. Tim itu berhasil meraih tiga kemenangan, sekali kalah dan sekali imbang.

Pertandingan Timnas U-23 Indonesia melawan Thailand menjadi ulangan pertemuan kedua pelatih. Sebelumnya, juru taktik Indonesia Shin Tae-yong pernah bersua pembesut Thailand Alexandre Polking di final Piala AFF 2020.

Ketika itu, timnas senior Thailand yang ditangani Polking mampu menundukkan skuad nasional senior Indonesia dalam pertarungan dua leg.

Pada leg pertama, Indonesia kalah 0-4 dan leg kedua berakhir imbang 2-2. Oleh karena itu, jika berhasil mengalahkan Timnas U-23 Thailand di SEA Games ini, akan menjadi kemenangan perdana Shin atas Polking.

Sementara, babak semifinal lainnya akan mempertemukan tuan rumah Vietnam dengan Malaysia yang dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho pada tanggal yang sama. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index