Rencana Pemindahan Pedagang dari Terminal BRPS, Disperindag Data Pedagang Tempati Pasar Induk

Rencana Pemindahan Pedagang dari Terminal BRPS, Disperindag Data Pedagang Tempati Pasar Induk
Kabid Pasar Disperindag Pekanbaru Hendra Putra

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera memfungsikan Pasar Induk di Jalan Soekarno Hatta Ujung. Walaupun pembangunan belum tuntas, pemerintah segera memindahkan pedagang di belakang Terminal BRPS Pekanbaru ke Pasar Induk. 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru masih mempersiapkan pemindahan pedagang. Tim dari Disperindag tengah melakukan pendataan pedagang yang bakal direlokasi ke Pasar Induk.

"Ya. Masih dalam proses pendataan jumlah pedagang yang real dan persiapan lokasi," kata Kabid Pasar Disperindag Pekanbaru Hendra Putra, Selasa (10/5/2022). 

Menurutnya, ada ratusan pedagang yang bakal direlokasi ke Pasar Induk. Mayoritas dari mereka adalah pedagang sayur dan sembako. Pedagang ini direncanakan bakal dipindahkan usai lebaran ini. 

Saat ini para pedagang masih berjualan di belakang Terminal BRPS. Disana juga menjadi tempat aktifitas bongkar muat pasokan sembako yang datang dari daerah penghasil.

Tempat ini dijadikan sebagai tempat sementara pedagang berjualan pasca direlokasi dari Pasar Cik Puan Jalan Tuanku Tambusai beberapa tahun lalu. 

Sebelumnya, Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, ratusan pedagang mulai menempati Pasar Induk setelah lebaran Idulfitri ini. Saat ini pemerintah kota tengah mempersiapkan pemindahan pedagang tersebut. 

"Untuk Pasar Induk ini direncanakan pemindahan pedagang-pedagang yang ada di terminal, abis lebaran ini akan dipusatkan (pindahkan.red) di Pasar Induk," kata Firdaus, Senin (25/4/2022). 

Ia tidak menampik pembangunan fisik Pasar Induk oleh pihak ketiga belum sepenuhnya tuntas, namun pemanfaatannya harus segera dilakukan. Ia menilai sebagian tempat atau kios pada Pasar Induk sudah bisa ditempati pedagang. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index