Dari Lagu Hingga Makanan Malaysia Merajai Bengkalis di Hari Raya

Dari Lagu Hingga Makanan Malaysia Merajai Bengkalis di Hari Raya
Aneka hidangan yang didominasi produk asal negeri jiran Malaysia. @riauaktual / Rama

Riauaktual.com - Lebaran adalah momen kebersamaan. Beragam jenis makanan disajikan sebagai hidangan. 

Di Pulau Bengkalis, Riau, momen lebaran begitu terasa kental. Kebersamaan, silaturahmi, dan saling mengunjungi menjadi agenda rutin yang tak tergantikan di hari kemenangan itu. 

Ada satu hal menarik yang terlihat dari perayaan kemenangan di daerah pesisir Sumatera dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka tersebut. Aneka hidangan yang didominasi produk asal negeri jiran Malaysia. 

Mulai dari minuman berkarbonasi, cokelat, kue, hingga ketupat. Semuanya produk buatan negeri jiran Malaysia. 

Tak berlebihan memang, karena kedua daerah itu secara geografis sangat dekat. Hanya butuh waktu satu setengah hingga dua jam perjalanan laut melintasi selat Malaka untuk berpergian ke dua sisi daerah berbeda bendera itu. 

Anggi Romadhoni, seorang warga Bengkalis mengaku bukan tidak ada produk dalam negeri yang dijual di pasaran sebagai hidangan untuk hari kemenangan. Bukan pula masyarakat tidak mencintai produk dalam buatan Ibu Pertiwi. 

Hanya saja, tidak semua produk bisa biasa dijadikan hidangan tidak diproduksi dalam negeri. Atau mungkin, distribusinya tidak sampai ke daerah itu. Kemudian, jikapun ada produk di pasaran, dengan harga yang relatif bersaing, dari sisi kualitas produk dalam negeri jauh tertinggal dibanding produk negeri jiran. 

"Kemudian, produk makanan minuman Malaysia itu lebih cocok di lidah orang Bengkalis. Saye rase itu alasan paling kuat," kata warga kelahiran Bengkalis yang telah merantau ke ibu kota provinsi Riau tersebut. 

Tidak hanya hidangan, bahkan seleran musik masyarakat Bengkalis, dan mayoritas warga Melayu Riau pun cenderung menyukai aliran musik klasik lebaran Malaysia. Mulai dari alunan merdu almarhum Tan Sri P Ramlee hingga lantunan indah Siti Nurhaliza. 

Meski produk makanan minuman hingga musik Malaysia membanjiri salah satu daerah penghasil Migas terbesar Indonesia tersebut, masyarakat Bengkalis tetap menjaga tradisi makanan lokal setempat. Seperti jenang (dodol) durian, mi sagu, sampai roti jala. 

Selamat hari raya Idul Fitri dari pesisir Indonesia, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. 

Berita Lainnya

index