Kantongi Dokumen Kadaluwarsa, Kapal Pengangkut PAO Ditangkap di Perairan Bengkalis

Kantongi Dokumen Kadaluwarsa, Kapal Pengangkut PAO Ditangkap di Perairan Bengkalis

Riauaktual.com - Sebuah kapal berbendera Malaysia yang mengangkut 1.799,956 MT Palm Acid Oil (PAO) berhasil ditangkap TNI Angkatan Laut. Kapal ini diduga menyelundupkan minyak turunan kelapa sawit dari Riau. 

Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengatakan tugboat TB Ever Sunrise, dan tongkang TK Ever Carrier awalnya merupakan minyak sawit yang dibawa dari Dumai menuju Malaysia.

Kapal ini berangkat dilengkapi dokumen, namun sudah kadaluwarsa.

"KRI Sigurot-864 yang sedang patroli di perairan Selat Malaka langsung melakukan pengejaran dan penangkapan pada Ahad (10/4/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. Ditemukan tanda-tanda kapal berada di Perairan Utara Pulau Bengkalis, Riau," ungkap Arsyad, Rabu (12/4/2022).

Dari hasil pemeriksaan diperoleh ada enam WNI dan empat WNA dalam kapal TB Ever Sunrise yang sedang menarik tongkang.

Para ABK mengaku membawa muatan Palm Acid Oil sebanyak 1.799,959 MT yang diangkut dari Dumai tujuan Johor, Malaysia. 

"Dokumen yang tidak ada yakni nota pelayanan ekspor, dokumen pemberitahuan ekspor barang dan ijin bongkar muat barang khusus berbahaya. Sementara surat persetujuan keagenan kapal asing dan sertifikat anti-fouling Internasional telah kadaluarsa," terangnya.

Atas perbuatannya, diduga melanggar Pasal 11 Ayat 4 Jo Pasal 59 Ayat 2, Pasal 44 Jo Pasal 219 Ayat 3, Pasal 134 Jo 219 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran.

Berita Lainnya

View All