Diduga Sengaja Dibakar, 1 Hektare Lahan di Dusun Kasang Salak Rohul Rata Dilalap Api

Diduga Sengaja Dibakar, 1 Hektare Lahan di Dusun Kasang Salak Rohul Rata Dilalap Api
Karhutla di Dusun Dua Kasang Salak, Desa Bonai Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (4/4/2022). 

Riauaktual.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Dusun Dua Kasang Salak, Desa Bonai Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (4/4/2022). 

Tim gabungan dari TNI, POLRI, RPK PT BDB Bintala, RPK PT Andika, dan RPK PT Bintara berupaya melakukan pemadaman di lokasi kebakaran, yang diduga sengaja di bakar oleh oknum tak bertanggung jawab. 

"Dari sore hingga sampai menjelang maghrib kami melakukan pemadaman api, ini dapat dilihat bersama-sama dengan rekan-rekan kita dari tim gabungan," kata Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Peltu M Sitepu, Selasa (5/4/2022).

Dia menjelaskan, dalam pemadaman dan pendinginan, tim gabungan menggunakan alat pemadaman Mini Tohatsu satu unit. Kemudian, Ministreker dua unit, selang besar 30 gulung serta menggunakan selang kecil 43 gulung. 

Dia menambahkan penyiraman dilakukan di titik-titik api. Namun dengan kondisi yang dilihat sekarang bahwa di lokasi masih banyak terdapat vegetasi rumput dan ilalang di lahan mineral.

"Jadi kami berupaya mencegah adanya titik api lanjutan, baik itu dari angin ataupun bara api dari sisa tanaman dan tanah yang terbakar," terangnya.

Peltu M Sitepu berharap tidak ada titik api lagi di sekitaran lokasi itu. Dia khawatir, jika masih ada titik api tersisa maka akan dapat memicu munculnya kebakaran di lokasi itu.

Dia juga mengimbau warga di sekitar lokasi tersebut dapat bersama-sama tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan. 

Sedangkan untuk luas lahan yang terbakar diperkirakan seluas 1 hektar. Dia menyatakan kendala yang dihadapi saat ini adalah terkait dengan curah hujan yang sangat rendah.

"Kami telah melakukan pendinginan dan untuk kondisi api saat ini telah padam," tutupnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index