Lahan di Kawasan Wisata Sungai Hijau Kampar Terbakar

Lahan di Kawasan Wisata Sungai Hijau Kampar Terbakar
Tim DPKP Kampar Berjibaku Memadamkan Api @riauaktual/Medi

Riauaktual.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di desa Salo Kecamatan Salo kabupaten Kampar Senin, (28/3/2022). Diperkirakan seluas 6 hektar lahan di kawasan objek wisata Sungai Hijau Salo.

Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kampar, dibawah komando Kepala DPKP Arizon SE langsung mengerahkan anggota Damkar untuk turun ke lokasi lahan yang terbakar.

"Personil diterjunkan setelah kami mendapatkan laporan dari bapak Rizka, Camat Salo, bahwa ada kebakaran lahan di wilayahnya," ujar Arizon. 

Menurutnya, dalam upaya pemadam dikerahkan sebanyak tiga unit mobil pemadam dengan total personil sebanyak 18 orang. 

Petugas Damkar berjibaku memadamkan api hingga beberapa jam kemudian api bisa dipadamkan. Arizon mengaku belum mengetahui pasti penyebab kebakaran. 

"Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," jelasnya. 

Terpisah, Kepala Desa Salo Ihfasni Arham MAg mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih pro aktif mengantisipasi Karhutla.

"Bagi masyarakat yang perokok, agar memastikan puntung rokok bener-bener sudah mati, jika dibuang di kebun atau hutan yang terdapat daun yang kering," ujarnya. 

Karena, menurutnya akhir-akhir ini cuaca  sangat panas di siang hari, sehingga mudah terjadi kebakaran. Dirinya juga telah memberikan peringatan dan imbauan kepada RT/RW serta pengurus rumah ibadah terkait Karhutla agar kebakaran serupa tidak terulang lagi. (Medi)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index