Komisi III Desak Diskes Maksimalkan Pelayanan Puskesmas

Komisi III Desak Diskes Maksimalkan Pelayanan Puskesmas
Ketua Komisi III Ir Nofrizal MM

PEKANBARU (RA)- Dari penilaian ombusdman bahwa pelayanan kesehatan tingkat puskesmas di Kota Pekanbaru mendapat rapor merah, maka Komisi III DPRD Kota Pekanbaru menggelar hearing dengan Dinas Kesehatan, Senin sore kemarin.

"Pelayanan puskesmas kita memang sangat tidak memuaskan, maka kemarin kami menekankan kepada Diskes agar lebih menekankan kepada pelayanan kesehatan di puskesmas, dalam bentuk peningkatan disiplin kerja pegawai di puskesmas," kata Ketua Komisi III Ir Nofrizal MM, saat dikonfiormasi wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (25/11/2014).

Dikatakan Nofrizal, sampai hari ini jika pelayanan puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru dibandingkan dengan pelayanan rumah sakit swasta, maka perbandingannya masih sangat jauh. "Baik dari disiplin tenaga yang ada di puskesmas, tingkat keramahan, itu sangat jauh berbeda. Tingkat pelayanan dan juga fasilitas jauh dari pada harapan," ulasnya.

Buktinya saja, kata Nofrizal lagi, saat ini masyarakat tak ada lagi yang berminat melakukan persalinan kelahiran bayi di puskesmas. Hal ini dikarenakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas sudah tidak ada lagi.

"Di bidan saja bisa melahirkan kok di puskesmas tidak bisa, ini bukti tingkat kepercayaan masyarakat tidak ada lagi dengan kurangnya pelayanan di sana (puskesmas)," urainya.

Ditambah lagi, sebut Nofrizal, kedepan akan ada BPJS dan kartu sakti lainnya pemerintahan baru, maka masyarakat akan beralih ke rumah sakit swasta. Dengan demikian maka kedepan puskesmas hanya mengobati flu dan batuk saja. Seharusnya, puskesmas terus berbenah sehingga tetap bisa berfungsi melayani masyarakat dalam hal kesehatan.

"Ini kan memprihatinkan, bahkan sekarang klinik 24 jam sama puskesmas ini kalah. Sebenarnya tak ada alasan untuk tidak memaksimalkan pelayanan. Kalau alasan kekurangan tenaga itu tak masuk akal. Lihat sekarang rasio jumlah kunjungan dan pelayannya, masih berimbang," pungkasnya.

Dengan demikian, Nofrizal bersama rekannya di Komisi III pada kesempatan hearing kemarin dengan Kepala Dinas Kesehatan yang baru Helda S Munir. "Kita minta agar dimaksimalkan pelayanan puskesmas," pungkasnya.

 

Laporan : riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index