Ketua MPR Dorong Pemuda Asia Afrika Implementasikan Dasa Sila Bandung

Ketua MPR Dorong Pemuda Asia Afrika Implementasikan Dasa Sila Bandung

Riauaktual.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong peran dan kiprah pemuda di kancah internasional, khususnya di kawasan Asia-Afrika, agar semakin signifikan dan bermakna strategis di tengah derasnya arus globalisasi serta kompleksnya dinamika zaman. 

Menurut Bamsoet Bamsoet saat Pelantikan Pengurus Organisasi Pemuda Asia Afrika Periode 2021-2026 di Jakarta, Jumat (11/3/22), peran penting Pemuda Asia Afrika tersebut dapat dimanifestasikan dalam beberapa dimensi. Antara lain stabilitas politik dan keamanan, penyelesaian krisis kemanusiaan, pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemakmuran masyarakat di Asia Afrika.

"Dengan kapasitas kelembagaan yang dimiliki Organisasi Pemuda Asia Afrika (Asian African Youth Government) kiranya dapat dibangun sinergi dan kolaborasi Pemuda Asia Afrika dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan prinsip Dasasila Bandung sebagai legasi yang diwariskan oleh momentum kesejarahan Konferensi Asia Afrika Bandung tahun 1955," sebutnya. 

“Spirit Dasasila Bandung harus terus menjiwai semangat juang segenap pemuda Asia Afrika dalam mewujudkan keadilan sosial, kesetaraan, dan perdamaian abadi," tambah Bamsoet.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index