Bantu Korban Gempa, Rumah Zakat Berangkatkan Truk Kebaikan ke Sumatera Barat

Bantu Korban Gempa, Rumah Zakat Berangkatkan Truk Kebaikan ke Sumatera Barat

Riauaktual.com - Beberapa waktu lalu, Sumatera Barat tepatnya di Pasaman Barat dilanda gempa berkekuatan 6,2 magnitudo. Dari gempa itu, banyak orang yang menjadi terdampak dan membutuhkan bantuan.

Untuk itu, Rumah Zakat (RZ) Perwakilan Provinsi Riau memberangkatkan Truk Kebaikan yang berisikan bantuan berasal dari tiga kota yakni Palembang, Pekanbaru dan Padang.

Mobil ini membawa bantuan dari para donatur berupa 2000 paket Superqurban, alat kesehatan, multivitamin, perlengkapan bayi dan perempuan, selimut, alas tidur, serta Sembako. Pemberangkatan Truk Kebaikan dari Kota Pekanbaru dilakukan oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

“Untuk tahap pertama ini kita memberangkatkan tiga truk dari tiga kota. Alhamdulillah antusiasme para donatur terhadap program ini sangat baik sekali. Beragam bantuan mulai dari uang tunai maupun non tunai hadir di kantor Rumah Zakat perwakilan Sumatera Barat,” kata Branch Manager Rumah Zakat perwakilan Provinsi Riau, Muhammad Isa.

Di tahap tanggap darurat ini, 10 relawan Rumah Zakat berkolaborasi dengan pihak terkait melakukan evakuasi korban, pelayanan ambulans, penyaluran paket Superqurban, dan 100 paket makanan siap saji. 

Rumah Zakat, kata dia, akan terus membersamai korban bencana hingga masa tanggap bencana yang di tetapkan pemerintah setempat berakhir serta melanjutkan dengan program recovery. 

“Adapun rencana aksi Rumah Zakat di masa recovery nanti antara lain bantuan pembangunan hunian sementara dan hunian tetap, renovasi infrastruktur fasilitas umum dan sarana ibadah, hingga pemulihan ekonomi masyarakat terdampak bencana Gempa Sumbar," tutur Isa. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index