Lewati Puncak Kasus, Gelombang Omicron di Pekanbaru Diperkirakan Segera Berakhir

Lewati Puncak Kasus, Gelombang Omicron di Pekanbaru Diperkirakan Segera Berakhir
Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru memperkirakan gelombang Covid-19 varian omicron segera berakhir. Pasalnya, puncak lonjakan kasus telah dilewati di Kota Pekanbaru. 

"Untuk gelombang Omicron, itu diperkirakan dimulai 28 Desember (2021) hingga minggu pertama (2022). Kemudian di minggu ke-7 total kasus sudah 900 lebih. Perkiraan kami, tidak lama lagi ini akan menurun, karena saat ini sudah cenderung mulai menurun," ujar Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (16/2/2022). 

Menurutnya, sebaran kasus Covid-19 sudah mulai alami penurunan saat ini. Sejauh ini jumlah warga yang terpapar Omicron masih rendah jika dibandingkan varian Delta. Saat puncak gelombang Delta terjadi, total kasus mencapai ribuan orang.

"Saat terjadinya gelombang Delta, itu kita dapatkan puncaknya pada minggu kelima (2021) dengan jumlah kasus tertinggi terbanyak 3.907," terang Zaini. 

Zaini mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Ia juga mendorong warga yang belum suntik vaksin, agar segera jalani vaksinasi Covid-19. 

"Masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi melalui 21 Puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru. Bisa juga di rumah sakit Madani Pekanbaru," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index