Capaian Tracing Tahan Pekanbaru di PPKM Level 2 Hingga 17 Januari

Capaian Tracing Tahan Pekanbaru di PPKM Level 2 Hingga 17 Januari
rRpat evaluasi PPKM level 2, Selasa (4/3/2022). (F:ades)

Riauaktual.com - Terkendala capaian tracing atau pelacakan kontak erat pasien positif, membuat Kota Pekanbaru memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 hingga 17 Januari 2022.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, capaian tracing oleh Satgas penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru belum memenuhi target 1 banding 15 orang. Kondisi ini membuat Pekanbaru tidak bisa turun ke PPKM level 1.

"Kalau untuk indikator lainnya sudah terpenuhi. Kasus sudah turun, mayoritas wilayah sudah zona hijau. Kemudian capaian vaksinasi umum juga sudah terpenuhi," ujar Firdaus, usai memimpin rapat evaluasi PPKM level 2, Selasa (4/3/2022).

Dirinya menyebut, telah meminta kepada tim tracing yang dipimpin Wakil Walikota Ayat Cahyadi agar bisa meningkatkan hasil tracing dibantu oleh para camat, lurah dan puskesmas.

Saat ini capaian tracing oleh Satgas baru mencapai 1 banding 10 orang. Angka ini alami penurunan dibandingkan pekan lalu yang mencapai 1 banding 12 orang. 

"Dalam melakukan tracing ini jangan terlalu kaku, sehingga bisa memenuhi sesuai target (1 banding 15)," terangnya. 

Dalam PPKM level 2 ini, dikatakan Firdaus tim gakkum Satgas penanganan covid masih tetap melakukan pengawasan protokol kesehatan pada masyarakat. Mereka melakukan pengawasan secara mobile. 

Walaupun sudah ada pelonggaran kegiatan masyarakat terutama di bidang ekonomi, Firdaus mengingatkan agar tidak abai proses. Apalagi varian baru Covid-19 omicron sudah masuk ke Indonesia.

Berita Lainnya

index