Panel Survei Indonesia: Airlangga Hartarto Capres Terfavorit

Panel Survei Indonesia: Airlangga Hartarto Capres Terfavorit
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (int)

Riauaktual.com - Panel Survei Indonesia (PSI) melakukan survei tentang "Kriteria Kepemimpinan Nasional 2024-2029 yang Diinginkan Masyarakat, Seperti Apa?" Dari survei yang dilakukan pada 14-29 Desember 2021 lalu, Airlangga Hartarto menjadi kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif Panel Survei Indonesia (PSI) Andri Gunawan mengatakan,dalam hasil survei ini tergambar bahwa sebanyak 72,6% publik menilai puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo selama memimpin bangsa ini. Sedangkan yang menilai tidak puas hanya sebanyak 24,1% dengan 3,3% tidak menjawab atau tidak tahu.

Andri Gunawan menyebutkan bahwa survei PSI tentang kriteria kepemimpinan 2024 yang diinginkan masyarakat.

“Dari hasil survei jajak pendapat keinginan masyarakat dalam kepemimpinan 2024 adalah kepemimpinan yang kuat di tiga aspek, antara lain aspek ekonomi, pemerintahan yang bersih dan pemerintah yang mengutamakan stabilitas politik, keamanan nasional,” kata Andri melalui keterangan, Minggu (2/1/2022).

Sementara itu, temuan survei juga menunjukkan preferensi masyarakat pada partai politik dengan elektabilitas PDIP mencapai 12,7%, sedangkan posisi kedua, dengan ditempati Golkar dengan elektabilitas 12,4%, posisi ketiga Gerindra 11,9%.

Kemudian posisi berikutnya ditempati Demokrat , dengan elektabilitas 8,9% di mana Demokrat menjadi parpol di luar pemerintahan yang memiliki peningkatan elektabilitas yang sangat signifikan dibandingkan hasil pemilu 2019.

Lebih lanjut Andri menjelaskan, terhadap tokoh yang bakal dipilih jika pilpres digelar hari ini, dengan didasarkan pada tiga aspek yang kepemimpinan pasca kepemimpinan Presiden Joko Widodo yaitu aspek ekonomi, pemerintahan yang bersih dan stabilitas politik dan keamanan, maka Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang diinginkan responden dan dipilih dengan tingkat elektabilitas 18,3%. Menyusul di posisi kedua Prabowo Subianto 16,2%, Ganjar Pranowo 14,4%, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 5,9%, Sri Mulyani 5,4%, Anies Baswedan 3,3%.

Muhaimin Iskandar 3,2%, Puan Maharani 3,2%, Moeldoko 3,1%, Sandiaga Uno 3,1%, Harry Tanoesudibjo 2,4%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,3%, Ridwan Kamil 1,9%, Khofifah Indar Parawansa 1,9%, Erick Thohir 1,7% sementara yang belum memilih 13,7%.

Survei tersebut dilakukan 14-29 Desember 2021 dengan jumlah total sampel sebanyak 1.820 orang responden tersebar di 34 provinsi. Sampel ditarik dengan metode multistage random sampling.Survei tersebut mengandung tingkat toleransi kesalahan plus minus 2,3% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sementara itu, Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing mengatakan jika melihat hasil survei PSI menunjukkan bahwa Menko Perekonomian sekaligus Ketum Golkar Airlangga Hartarto dilirik oleh masyarakat.

Keberhasilan Airlangga Hartarto menjalankan tugas dari Presiden Jokowi terutama untuk bidang perekonomian dan dikatakan Emrus Sihombing memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan masyarakat bahwa kepemimpinan nasional pasca Jokowi paling diinginkan 89,9% masyarakat menginginkan kemajuan ekonomi.

Selain itu, kata Emrus Sihombing jika hasil sampling survei tersebut menunjukkan baik, maka itu membuktikan bahwa Airlangga Hartarto menjadi salah satu sosok Capres 2024 yang diinginkan masyarakat.

 

Sumber: BeritaSatu.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index