Belum Capai Target, Vaksinasi Lansia di Pekanbaru Terkendala Masalah Kesehatan

Belum Capai Target, Vaksinasi Lansia di Pekanbaru Terkendala Masalah Kesehatan
Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi

Riauaktual.com - Vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Kota Pekanbaru belum mencapai target. Jelang akhir Desember ini, baru tercatat sebanyak 30.532 orang atau sekitar 57,9 persen yang telah menjalani vaksinasi dosis tahap pertama.

Dari 30.532 orang tersebut, 24.990 orang atau sekitar 47,4 persen di ataranya telah menuntaskan vaksinasi atau sudah disuntik vaksin hingga dosis kedua.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengungkapkan, masalah kesehatan menjadi salah satu kendala untuk mengejar target vaksinasi lansia 60 persen dari total target 52.759 orang.

Dari laporan Dinas Kesehatan, kata dia, sejauh ini partisipasi lansia untuk bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru cukup tinggi.

"Untuk lansia, sebenarnya mereka mau, cuma kan ada pemeriksaan kesehatan sebelum divaksin. Saat diskrining, ada yang tidak bisa karena tensi dan sebagainya, dan itu tidak bisa dipaksanakan. Jadi buka karena mereka tidak mau (divaksin)," ujarnya, Sabtu kemarin.

Lantaran vaksinasi lansia belum capai 60 persen, diakui wawako hal itu menjadi penghambat untuk bisa turun ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

"Karena lansia masih menjadi indikator untuk bisa turun ke level 1," tutupnya. (Abd)

 

Berita Lainnya

index