Ini Penjelasan Dinas PUPR-PKPP Terkait Pengehentian Pembangunan Menara Mesjid Raya Provinsi Riau

Ini Penjelasan Dinas PUPR-PKPP Terkait Pengehentian Pembangunan Menara Mesjid Raya Provinsi Riau
Proyek pembangunan Mesjid Raya Provinsi Riau. (Mr)

Riauaktual.com - Proyek pembangunan menara Mesjid Raya Provinsi Riau yang dibangun Pemerintah Provinsi Riau di Jalan Siak II, Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, alami penurunan.

Dikhawatirkan, akibat penurunan tersebut, akan berdampak pada mesjid yang dibangun satu kesatuan. Karena itu, menara mesjid yang sudah tegak setinggi 36 meter tersebut langsung dihentikan.

"Memang ada penurunan tiga mili meter. Sekarang sedang diinvestigasi oleh tim independen," kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau, Syafri Afis, Selasa (28/12/21).

Posisi penurunan menara persis dari arah sungai, yang bersebalahan dengan pembangunan mesjid. Sebab penurunan belum dipastikan. Tim independen pun akan diturunkan untuk mengecek penyebab penurunan bangunan menara.

"Kita harus selidiki dulu, ada tim independen nanti," ujar Syafri. 

Dari hasil penyelidikan tim independen itu, nantinya akan merekomendasikan apa yang akan dilakukan untuk kelanjutan menara masjid. Apakah, apakah ditambah penguatan lagi pondasinya atau ada opsi lainnya.

"Ini untuk keselamatan (penghentian pekerjaan menara). Karena nanti di menara itu, akan dibuatkan lift untuk orang naik ke atas. Jadi kita tunggulah dulu dari tim independen," ungkap Syafri.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index