Gubernur Riau Minta OPD yang Tergabung Dalam GTRA Percepat Penyelesaian TORA

Gubernur Riau Minta OPD yang Tergabung Dalam GTRA Percepat Penyelesaian TORA
ubernur Riau (Gubri) Syamsuar (Mr)

Riauaktual.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang tergabung dalam Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) agar segera membantu Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau untuk mempercepat penyelesaian Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Provinsi Riau.

Ia menyampaikan, TORA merupakan program Presiden yang harus didukung oleh semua pihak. Karena TORA adalah bagian untuk membantu masyarakat yang ada di semua daerah, termasuk di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

"Kita tidak main-main dalam reforma agraria ini. Bagaimanapun kita ini membantu rakyat. Program TORA ini belum pernah ada seumur hidup, belum ada program pemerintah yang langsung seperti ini, oleh karena itu tentunya kita pemerintah daerah wajib bersyukur dan sekaligus mendukung sepenuhnya," ucapnya.

Syamsuar menginginkan, kepala OPD yang berkaitan dengan reforma agraria untuk turun tangan mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan. Menurutnya, para kepala OPD yang terlibat itu merupakan perpanjangan tangan Pemprov Riau dalam TORA tersebut.

"Tentunya harapan kami kepala dinas yang harus turun tangan karena saudara yang dipercayakan (penyelesaian TORA)," ucapnya.

Orang nomor satu di Riau ini menambahkan, sebentar lagi tahun 2021 akan berakhir. Ia menginstruksikan kepada OPD yang bertugas menyiapkan SK pembaruan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) kiranya sudah mempersiapkan SK untuk tahun 2022.

Ia menerangkan, semua Provinsi di Indonesia sekarang berusaha bagaimana meningkatkan pertambahan TORA yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Karena, semakin banyak TORA diperoleh, itu akan semakin menguntungkan daerah dan semakin menguntungkan masyarakat.

Gubri mengajak pihak-pihak terkait untuk sama-sama mempersiapkan agar TORA ini dapat berjalan dengan baik di Riau. Dengan harapan lebih banyak TORA diberikan kepada masyarakat, maka akan semakin baik dan semakin komitmen pula pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat Riau ke depannya. 

"Apalagi Riau ini sebagian besar sudah dikuasai oleh perusahaan, makanya saya sangat berharap kepada semuanya agar bekerja keras agar tahun 2022 mendatang lebih banyak TORA kita peroleh," ungkapnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index