Photographer RiauAktual Juara 1 Penghargaan Kementerian Kesehatan RI

Photographer RiauAktual Juara 1 Penghargaan Kementerian Kesehatan RI
Foto jepretan Wahyudi yang berhasil mengantarkan fotografer Riauaktual.com menjadi pemenang pertama Penghargaan Kementerian Kesehatan

RiauAktual.com - Wahyudi, photographer senior Riauaktual.com berhasil menasbihkan diri sebagai pemenang pertama dalam Penghargaan Mitra Bakti Husada Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Wahyudi merebut juara pertama lewat sebuah foto sarat makna yang menunjukkan seorang ibu menggunakan kursi roda menopang barang dagangan berupa camilan tengah berjalan dengan seorang  anak.

Pria murah senyum itu mengapresiasi penghargaan yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan tersebut. "Terimakasih kepada Kementerian Kesehatan atas penghargaan ini. Terimakasih juga tak luput saya sampaikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang terus mendorong dan mendukung saya," ujarnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang berlandaskan Instruksi Presiden nomor 1 tahun 20217 adalah solusi untuk perubahan perilaku faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

GERMAS merupakan upaya promotif-preventif yang dilakukan melalui pendekatan multisektor. Dalam rangka meningkatkan  sinkronisasi dan koordinasi terkait pelaksanaan GERMAS tingkat Pusat dan Daerah, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan melaksanakan pertemuan Koordinasi Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Daerah pada tanggal 8-10 Desember 2021 bertempat di Lido Lake Resort Bogor.

Melalui kegiatan ini diharapkan memperkuat peran lintas sektor di daerah untuk implementasi pembudayaan GERMAS di pusat dan daerah. Pertemuan diikuti oleh perwakilan dari Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) 34 provinsi dan Pengelola promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dari Dinas Kesehatan 34 Provinsi, perwakilan Dunia Usaha dan organisasi kemasyarakatan, serta lintas program Kementerian Kesehatan.

Beberapa waktu terakhir, kejadian kasus COVID-19 mengalami penurunan di seluruh wilayah Indonesia, hal ini harus disikapi dengan bijak. Kewaspadaan diri harus ditingkatkan guna mencegah lonjakan kasus yang tinggi. Sebab potensi peningkatan lonjakan kasus COVID-19 atau gelombang baru COVID-19 dapat terjadi bukan hanya dari virus COVID-19 yang bermutasi, melainkan faktor-faktor lain yang dapat menstimulasi penyebaran penyakit seperti perilaku masyarakat, lingkungan, pelayanan kesehatan dan cakupan vaksinasi COVID-19, termasuk potensi lonjakan kasus pada hari-hari besar keagamaan seperti libur Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi akan kita hadapi.

Arahan Bapak Menteri Kesehatan terkait Germas yaitu “Edukasi GERMAS harus dilakukan secara terus menerus, khususnya dalam masa pandemi COVID-19 sekarang ini."

Tujuan umum dari GERMAS adalah untuk 1) Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular; 2) Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan; 3) Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan 4) Menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan. Gerakan ini diharapkan mampu memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang tidak sehat.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, drg. Kartini Rustandi, M.Kes, menghimbau agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memperkuat upaya dan praktik baik GERMAS sehingga menjadi suatu pembudayaan di tengah-tengah masyarakat. Beliau juga menekankan pentingnya upaya kolaboratif penggerakkan GERMAS oleh berbagai pihak termasuk Pemerintah, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha, Masyarakat Sipil dan Madani, serta Media Massa.

Dilaksanakan juga pemberian penghargaan Mitra Bakti Husada (CSR Award) tahun 2021 sebagai wujud apresiasi kepada Perusahaan yang telah mendukung dan berkontribusi terhadap pembangunan bidang kesehatan di tengah situasi pandemi COVID-19 melalui program: Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)/Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan Ibu Anak (KIA)/Stunting, dan Respon Kebencanaan. Para penerima penghargaan Mitra Bakti Husada sebagai berikut:
a. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)/Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
• Kategori Pemenang Terbaik: PT Astra International Tbk.
• Kategori Pemenang Terinspiratif: PT Kimia Farma Tbk
b. Kesehatan Ibu Anak (KIA)/Stunting
• Kategori Pemenang Terbaik: PT Astra International Tbk.
• Kategori Pemenang Terinspiratif: PT Pertamina EP Donggi Matindok Field
c. Respon Kebencanaan
• Kategori Pemenang Terbaik: PT Bank Danamon Indonesia Tbk
• Kategori Pemenang Terinspiratif: PT Polytama Propindo
Selain itu juga diberikan penghargaan pemenang Lomba Video dan Foto Kreatif Aksi Germas, yaitu penggerakkan masyarakat melalui aksi Germas dengan penerapan gaya hidup sehat dan protokol kesehatan melalui karya kreatifitas (video dan foto) yang dilakukan oleh berbagai stakeholder, termasuk Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi dan masyarakat umum. Para penerima penghargaan sebagai berikut:
a. Video Kategori Kementerian/Lembaga
• Korelasi Tema Terbaik: @bappenasri
• Pengambilan Angle, Pencahayaan, dan Momen Terbaik:  @semarangpemkot
• Emosional Terbaik: @lpp_palembang
• Kreatifitas Terbaik: @fkmunair
• Video Terunik: @kemhanri 
• Video Paling Inspiratif: @puskesmasjaken
b. Video Kategori Kementerian/Lembaga
• Korelasi Tema Terbaik: @kkpkelasiibiak
• Pengambilan Angle, Pencahayaan, dan Momen Terbaik: @rskariadi
• Emosional Terbaik: @poltekkesbandung
• Kreatifitas Terbaik: @rs.matacicendo
• Video Terunik: @ipichanel
• Video Paling Inspiratif: @farmalkes
c. Foto
• Juara 1: @gajahmada13
(Wahyudi/Riauaktual.com)
• Juara 2: @balaophoto
• Juara 3: @simon_dodit

Penyerahan hadiah pemenang dilakukan secara simbolis oleh Direktur Promkes Kemenkes RI kepada perwakilan akun instagram @gajahmada13 atas nama Wahyudi dari Provinsi Riau yg diterima oleh Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

GERMAS merupakan wujud nyata penerapan pembangunan berwawasan kesehatan di Indonesia untuk mendukung terciptanya generasi emas 2045 yang unggul dan memiliki daya saing di tingkat global.

Berita Lainnya

View All