PWI dan Pemkab Siak Bersinergi Menggelar Pelatihan Wartawan Serta Ekspedisi ke Danau Zamrud Lewat Karya Tulis

PWI dan Pemkab Siak Bersinergi Menggelar Pelatihan Wartawan Serta Ekspedisi ke Danau Zamrud Lewat Karya Tulis

Riauaktual.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, Zulmansyah Sekedang membuka pelatihan wartawan anggota PWI Riau bertema "Jurnalisme Anti Hoax" bertempat di Balairung Empat Suku komplek perumahan dinas Bupati Kabupaten Siak, Jum'at (26/11/2021).

Kegiatan PWI Riau tersebut, dihadiri Bupati Siak melalui Asisten III Jamaluddin, Ketua PWI Siak, Wiwik Widyaningsih, Kadis Pariwisata Fauzi Azni serta Kabid Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Siak Paula Chandra.

Yang diikuti 150 orang peserta. Terdiri dari 100 orang peserta secara virtual (daring) dan 50 orang peserta luring.

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sukedang mengatakan, kegiatan PWI Riau di Kabupaten Siak tersebut berlangsung selama tiga hari. Dengan 2 kegiatan, yakni pelatihan Jurnalisme Anti Hoax dan Fake News, dan kegiatan Ekspedisi Taman Nasional Zamrud (TNZ).

"Belakangan ini, banyak sekali wartawan yang dipenjara, UU Pers mengatur wartawan tidak layak dipenjara sebagai jurnalis. Ini yang perlu diwaspadai, sehingga kita hari ini menggelar pelatihan ini supaya teman - teman terhindar dari sanksi pidana," sebut Zulmansyah Sekedang, Jum'at (26/11/2021).

Ketua PWI Riau tersebut, menjelaskan, Taman Nasional Zamrud merupakan taman nasional terbaru di Indonesia.

Lanjutnya, di Riau ada 3 Taman Nasional. Yakni Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan Tesso Nilo, TNZ  merupakan taman ketiga yang dijelajah.

"Memang rencananya besok seharian penuh teman - teman wartawan kita minta untuk mengeksplorasi semua potensi, dan tahun 2022 nanti kita jadwalkan lomba karya tulis Raja Ali Kelana dengan tema "Melestarikan Taman Nasional," terangnya.

Sementara Bupati Siak melalui Asisten III, Jamaluddin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Siak menyambut baik dilaksanakannya kegiatan PWI Riau ini, di Siak

"Pelatihan ini sangat penting bagi peserta sebagai wartawan. Apalagi pelatihan ini berkaitan dengan perlindungan hukum. Sehingga dengan adanya payung hukum dapat memberikan kenyamanan bagi wartawan dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan informasi kepada masyarakat," kata Jamaluddin.

Jamal menambahkan, tentunya dengan narasumber dari pakar - pakar PWI Riau, bisa memberikan pencerahan kepada peserta.

"Pemkab Siak tentunya mendukung sepenuhnya pelatihan ini. Karena bagaimanapun, wartawan di Kabupaten Siak tentu membutuhkan pengetahuan yang berguna bagi kawan - kawan. Kami berharap kepada peserta nantinya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dari awal hingga akhir," pungkasnya. (Infotorial)

Berita Lainnya

View All