Buaya Sepanjang 4,5 Meter Berhasil Dievakuasi Tim Damkar Inhil

Buaya Sepanjang 4,5 Meter Berhasil Dievakuasi Tim Damkar Inhil
Damkar evakuasi buaya muara yang resahkan warga

 Riauaktual.com - Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir mengevakuasi buaya muara dengan panjang 4,5 meter yang resahkan masyarakat di Desa Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu, Rabu (17/11/2021). 

Tim terdiri dari 2 Regu TRC Damkar beranggotakan lebih kurang 25 orang didamping Pengawas. Tim EMS/Emergency Medical Service/ Medis sebanyak 3 orang. Total seluruh anggota DPKP sebanyak 28 orang.

Sebelum operasi dilakukan terlebih hari selasa 16 Nopember 2021 dilakukan brefing yg dipimpin langsung Kadis Damkar guna mengambil langkah penanganan evakuasi mengingat hewan buaya muara ini cukup besar.

DPKP juga mengkoordinasikan dengan aparat Desa Sialang Panjang guna mempersiapkan operasi penangkapan dan evakuasi buaya

Kepala Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Drs H.Eddiwan Shasby MM mengatakan buaya dapat ditangkap dan langsung dievakuasi ke Mako Damkar Inhil untuk diamankan sementara sambil menunggu koordinasi lebih lanjut dengan BKSDA Rengat.

Proses penangkapan buaya berjalan memakan waktu lebih kurang 8 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yang ditangkap cukup besar.

Tim terus melakukan pencarian sampai malam hari. 2 hari sebelum ini juga pihak DPKP Inhil juga sudah menyerah 2 ekor ular piton sanca batik ke Bksda Rengat.

Kemudian berhasil menangkap buaya yang meresahkan masyarakat di Jalan suhada Kecamatan Tembilahan Hulu Buaya hasil Tangkapan DPKP Inhil panjang lebih kurang 4.5 m. lebar 60- 70 cm dan berat sekitar 500 kg.

"Alhamdulilah Operasi yang dilakukan DPKP ini berjalan lancar dan baik, serta semua anggota dalam keadaan baik-baik saja," jelas Eddywan.

keletihan dalam melaksanakan tugas sudah terbayarkan dengan keberhasilan penangkapan buaya hari ini.

Eddiwan menghimbau kepada masyarakat sekitar lokasi ditemukan buaya agar tetap berhati-hati dan waspada karena tidak tertutup kemungkinan masih ada buaya lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sialang Panjang H Yusuf Kurnain mengatakan, secara pribadi mengucapkan ribuan Terima kasih banyak kepada seluruh Tim Damkar Inhil, Membantu mengevakuasi buaya muara yang sangat berbahaya.

Tim Rescue Damkar dipimpin oleh Kepala Bidang Penyelamatan dan Penanganan Kebakaran (Muhammad Ridwan,SE,MM), Kasi Operasi Pemadam dan Investigasi (Meiyondri SE), Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pelatihan pada Bidang Pencegahan dan pengendalian Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir (Sirmanto), (Khairul Hasbi SE,) Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir. (*)

Berita Lainnya

index