Kasmarni Tuntut Perangkat Daerah Setempat Lakukan Inovasi 

Redaksi

Selasa, 14 September 2021 - 20:49:55 WIB | Cetak




Riauaktual.com - Bupati Bengkalis Kasmarni menuntut Perangkat Daerah (PD) untuk melakukan inovasi agar mendorong daya saing daerah demi kemajuan bangsa dan negara. Ucapan tersebut disampaikan Bupati Perempuan Pertama di Riau ini kala penyerahan penghargaan pemenang lomba inovasi Daerah tingkat Kabupaten Bengkalis Selasa, 14 September 2021 di ruang Hang Tuah lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Dikatakan Kasmarni dalam mewujudkan pelaksanaan birokrasi yang efektif, efesien dan akuntabel, masih banyak yang harus benahi, apa lagi dimasa pandemi covid-19 saat ini.

Untuk itu, perempuan yang akrab disapa Bunda Kasmarni ini menaruh harapan besar kepada seluruh Perangkat Daerah untuk dapat bersinergi menciptakan dan menerapkan budaya inovasi di organisasi perangkat daerahnya masing-masing.

“Terutama inovasi dalam mendukung terwujud serta terlaksananya Visi, Misi dan Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis 2021–2026 kepada masyarakat,” tuturnya.

Artinya, Pemerintah Daerah melalui Perangkat Daerah sebagai unsur pembantu yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemerintahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dituntut untuk senantiasa melakukan inovasi agar kedepannya dapat mendorong daya saing daerah demi kemajuan bangsa dan negara.

“Bahasa mudahnya, dengan inovasi perangkat daerah hendaknya kita bisa lebih cepat dalam melakukan sebuah pekerjaan, terkhusus pekerjaan yang berkaitan dengan program kerja serta pemenuhan hak dan kepentingan masyarakat,” terang Kasmarni.

Apa lagi saat ini lanjut Kasmarni Bengkalis sudah memiliki aplikasi “Sipendekar” (Pemerintah Mendengar Aspirasi Rakyat) yang baru saja launching, wujud implementasi program unggulan daerah yakni wisma daerah sebagai rumah aspirasi.

Oleh karenanya ketika ada aspirasi maupun pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat, sudah ditegaskan agar PD langsung bergerak cepat dalam mengatasi maupun menanggulanginya, sehingga kinerja Pemerintah Daerah dapat menjadi lebih cepat, terukur, terarah dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kepada perangkat daerah kembali kami tekankan untuk teruslah berinovasi, teruslah berkarya sehingga keberadaannya, benar-benar berdaya guna dan berhasil guna dalam mendorong arah penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah sesuai dengan kebijakan pembangunan nasional, meningkatkan pengawasan dan peran serta masyarakat dalam setiap perumusan kebijakan dan program yang diterapkan pemerintah daerah sehingga dapat diterima masyarakat, serta meningkatkan pelayanan publik, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan daya saing daerah,” pintanya. (Fahri)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index