Guna Sukseskan Vaksinasi, Tim Kukerta UNRI Kelurahan Purnama Turut Serta Menjadi Relawan

Rilis

Ahad, 05 September 2021 - 17:14:20 WIB | Cetak




Riauaktual.com - Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) turut serta menjadi relawan guna menyukseskan pelaksanaan vaksinasi di Kelurahan Purnama, Kota Dumai. 

Kegiatan pemberian vaksinasi jenis Sinovac ini bekerjasama langsung dengan Puskesmas Purnama pada tanggal 4 sampai dengan 6 Agustus 2021 lalu.

Sebagaimana diketahui, vaksin menjadi salah satu indikator yang berperan penting untuk memutus rantai penyebaran wabah coronavirus.

Beberapa orang mungkin merasa ragu karena potensi efek samping yang ditimbulkan, belum lagi pengaruh berita simpang siur yang tersebar di masyarakat membuat beberapa kelompok tidak ingin melaksanakan vaksin.

Efek samping setelah vaksin tidak sebanding rasanya dengan virus yang memiliki risiko kesehatan jauh lebih serius dan merugikan untuk tubuh. Maka dari itu diharapkan kepada masyarakat agar lebih bijak dalam memilah informasi, tidak mudah tergerus dengan berita simpang siur terkait vaksin.

Menurut World Health Organization (WHO) sendiri, vaksin jenis Sinovac secara resmi disetujui untuk digunakan, karena sudah melalui semua tahap untuk memastikan keamanan, kemanjuran, dan kualitas.

"Saya sebagai asisten vaksinator kala itu membantu nakes untuk screening data pasien. Selain itu anggota tim yang lain berbagi tugas membantu proses manajemen penyimpanan vaksin, membantu di meja observasi untuk memasukkan data peserta Vaksin," ujar Anisya, salah seorang tim kukerta.

Selama menjadi relawan, Anisya dan rekan-rekannya mengaku mendapatkan banyak pengalaman yang berkesan. Apalagi keikutsertaannya pada program Kampus juga sudah terintegrasi dengan kegiatan perkuliahan.

Seperti diketahui, keikutsertaan Mahasiswa sebagai relawan vaksinasi merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kemendikbudristek untuk bidang vaksinasi.

Keikutsertaan mahasiswa sebagai relawan bertujuan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman dengan masyarakat secara langsung.

"Selain itu, para dosen pembimbing juga bisa mengonversikan kegiatan ini sebagai realisasi pengabdian kepada masyarakat," jelas Anisya.

Ini menjelaskan, ada sejumlah capaian yang akan diperoleh mahasiswa. Capaian pertama, mahasiswa didorong untuk bekerja sama. Karena keanggotaan tim ini terdiri dari mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas, hal ini mendorong mereka untuk belajar membangun kerja tim yang baik. 

Capaian kedua, mahasiswa belajar bagaimana melayani dan berkomunikasi yang baik dengan masyarakat. Hal ini membutuhkan keterampilan yang baik guna memberikan pelayanan berkesan kepada masyarakat dan dampak positif bagi nama baik tim serta institusi terkait.

"Ini merupakan kesempatan yang baik yang bisa diraih dimasa pandemi. Dengan vaksin semoga kita mampu membentengi diri dari penyebaran wabah ini serta memutus rantai penyebaran sehingga dapat kembali beraktivitas dengan normal," pungkas Anisya.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index