Pilpres RI di Brasil Disesuaikan dengan Jadwal Piala Dunia

Pilpres RI di Brasil Disesuaikan dengan Jadwal Piala Dunia
Ilustrasi. FOTO: int

BRASILIA, RiauAktual.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brasilia menggelar pencoblosan pada Minggu (Senin WIB). Pemilihan di Negeri Samba disesuaikan dengan jadwal pertandingan Piala Dunia 2014.

"Kita memang memilih pada 6 Juli sebagai waktu pencoblosan karena tidak ada pertandingan. Kalau diadakan pada saat ada pertandingan Piala Dunia, dikhawatirkan bisa mempengaruhi jumlah pemilih," kata Duta Besar RI untuk Brasil Sudaryomo Hartosudarmo di Brasilia, Minggu (Senin WIB).

Saat ini, Piala Dunia 2014 memasuki masa istirahat selama selama tiga hari menjelang babak semifinal yang dimulai pada 8 Juli.

Di Brasil terdaftar 317 pemilih yang sebagian besar berdomisili di kota terbesar Sao Paulo dan sisanya di Rio de Janeiro serta kota-kota lainnya.

Karena sedikitnya jumlah pemilih, di Brasil hanya ada satu tempat pemungutan suara (TPI), yaitu di KBRI di Brasilia.

Menurut Sudaryomo, antusiasme warga negara Indonesia untuk memilih presiden kali ini dirasakan lebih tinggi dibandingkan dengan waktu pemilihan legislatif.

"Mungkin karena sudah jelas bahwa yang akan dipilih hanya ada dua, maka mereka lebih antusias untuk memilih," terang pria asal Yogyakarta itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Brasil, Mochammad Rizki Safary, mengatakan jumlah pemilih terbanyak berasal dari Mogi das Cruz, luar kota Sao Paulo, sebanyak 93 orang.

Sementara di Ibu Kota Brasilia, hanya terdapat 44 pemilih yang sebagian besar adalah anggota keluarga staf KBRI.

"Bagi mereka yang berada di luar Kota Brasilia, surat suara disampaikan melalui pos. Penghitungan suara nanti akan dilakukan pada 9 Juli dan hasilnya dikirim ke KPU di Indonesia pada 14 Juli," terangnya.

Berkaitan dengan Piala Dunia 2014 yang baru akan berakhir pada 13 Juli mendatang, ada 128 WNI yang memberi informasi kedatangan mereka ke PPLN Brasil.

Tapi dari jumlah tersebut tidak semuanya mengajukan permintaan untuk melakukan pemilihan di Brasil.

"Kalau mereka tidak ingin kehilangan hak pilih, mereka bisa melapor jauh-jauh ke KBRI, sehingga nanti akan dikirimkan surat suara melalui pos," pungkas Mochammad Rizki. (riki)



Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index