Bupati Siak Targetkan Tahun 2025, Limbah Sampah Berkurang 30%

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:05:23 WIB Di Baca : 281 Kali


Riauaktual.com - Bupati Siak Alfedri, menargetkan pengurangan limbah sampah 30% di tahun 2025 mendatang.

Hal itu disampaikan bupati Siak tersebut, saat meresmikan sarana dan Prasara Bank Sampah Induk Pelangi berupa rumah mesin dan pagar keliling, bertempat di Bank Sampah Induk, Kamis (10/06/2021).

Kata Alfedri, sarpras tersebut merupakan bantuan Program investasi sosial PT. Cevron Pacific Indonesia (CPI) di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT.CPI dan Unilak yang telah mendukung penuh terwujudnya Sarana dan Prasarana Bank Sampah Pelangi berupa rumah mesin dan pagar keliling ini," ucap Alfedri.

Kemudian, Alfedri menuturkan bahwa program ini dapat meningkatkan produktifitas sehingga bermanfaat lebih besar bagi kebersihan lingkungan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

"Program ini tentunya dapat meningkatkan produksi sehingga dapat bermanfaat lebih besar bagi lingkungan dan juga memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat khususnya di Kota Siak," terangnya.

Lantas, Alfedri berharap melalui peresmian rumah mesin dalam rangka peningkatan produksi Bank Sampah Induk Pelangi ini mencapai target untuk pengurangan limbah sampah nantinya di kota Istana tersebut.

"Kita juga berharap program Bank Sampah ini dapat kita kembangkan di Kecamatan lain sehingga target 30% pengurangan limbah sampah dapat tercapai di tahun 2025," harapnya.

Sementara Wakil Rektor II Unilak, Hardi menuturkan, Program yang dilakukan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian Unilak berupa Program Bank Sampah (termasuk Bank Sampah Induk Pelangi) adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat.

"Kerjasama yang baik ini mudah-mudahan dapat kita lanjutkan dan tingkatkan dimasa yang akan datang. Inilah bentuk pengabdian kami kepada masyarakat," sebutnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Senior Advisor Corporate Affair PT.CPI Suyatno, bahwa pihaknya mendukung penuh program ini sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan dan masyarakat.

"Program peningkatan sarana dan prasarana Bank Sampah Pelangi ini merupakan salah satu program investasi sosial PT. CPI di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. Ini sebagai wujud tanggungjawab kami dalam ikut andil menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan masyarakat, selain itu juga sebagai upaya mendukung program pak Alfedri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Siak melalui Bank Sampah Pelangi ini," pungkasnya.

Acara tersebut, di hadiri juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Hendrisan, Jajaran Manajemen PT.CPI, Rektorat Unilak, Lurah Kampung Rempak, Tokoh beserta Masyarakat Kecamatan Siak, Tokoh Pemuda, dan Mahasiswa Universitas Lancang Kuning, serta puluhan Nasabah Bank Sampah Induk Pelangi Kecamatan Siak.

Acara itu kemudian, dilanjutkan pemotongan pita sebagai tanda peresmian operasional /pemakaian rumah mesin Bank Sampah Induk Pelangi Siak Sri Indrapura.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com