Di Kertas Suara, Jokowi Tanpa Peci?

Di Kertas Suara, Jokowi Tanpa Peci?
Kertas Suara Pilpres 2014. FOTO: ist

JAKARTA, RiauAktual.com - Keputusan calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo untuk tidak mengenakan peci di foto kertas suara dan alat peraga kampanye yang tersebar luas telah menurunkan elektabilitasnya. Direktur Eksekutif NCID, Jajat Nurjaman mengungkapkan bahwa Joko Widodo adalah calon presiden Indonesia pertama dalam sejarah yang tidak mengenakan peci di foto kertas suara.

"Bangsa Indonesia mengenal pemilihan langsung presiden dari tahun 2004. Sejak itu, setiap calon presiden RI yang laki-laki selalu mengenakan peci baik di foto resmi maupun di foto yang digunakan di iklan dan alat peraga kampanye. Tidak mengenakan peci adalah keputusan pencitraan yang sangat keliru, sebab sejak dipopulerkan oleh Presiden Sukarno peci identik dengan kepemimpinan nasional" jelas Jajat, melalui rilisnya, Selasa (246/2014).

Jajat menuturkan, seperti banyak dibicarakan di media sosial ada kemungkinan Joko Widodo mengikuti saran atau arahan dari konsultan asing dalam mencitrakan dirinya menjelang Pemilu Presiden 2014. Konsultan asing belum tentu memahami budaya dan sejarah bangsa Indonesia. Selain identik dengan kepemimpinan nasional, peci juga identik dengan Islam Indonesia. Dengan tidak mengenakan peci, masyarakat juga mempertanyakan agama Joko Widodo.

"Elektabilitas Joko Widodo terjun bebas karena masyarakat mempertanyakan agamanya. Keraguan ini muncul karena ia tidak mengenakan peci. Saya prediksi, sejarah akan mencatat kekalahan Joko Widodo salah satunya disebabkan karena faktor peci. Terkesan kesalahan sepele tetapi sangat fatal akibatnya." tutup Jajat. ***



(rrm/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index