Berikut Tips Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal Pasca-Lebaran

Berikut Tips Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal Pasca-Lebaran
Makan berbagai kue lebaran (Foto: Inst Litaps)

Riauaktual.com - Saat ini seluruh umat Islam di dunia merayakan Lebaran Idul Fitri. Bersilahturahmi dan saling memaafkan yang biasanya dilakukan dengan berpakaian baru dan bagus, sambil menikmati berbagai hidangan makanan yang lezat dan menggiurkan.

Meskipun sudah terbiasa menahan lapar dan haus selama bulan puasa, namun banyak orang yang melampiaskan kegembiraannya dengan makan dan minum yang berlebihan, sehingga berat badan akan naik dengan drastis.

Dikutip dari Citizen (okezone.com), berikut sejumlah tips untuk membantu Anda mempertahankan berat badan ideal pasca-Lebaran.

 sarapan

1. Jangan melewatkan sarapan

Ada anggapan salah bahwa melewatkan sarapan akan membantu anda menurunkan berat badan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kehilangan nutrisi penting yang didapat tubuh dari sarapan, menyebabkan peningkatan rasa lapar yang berlebihan di siang hari. Hal ini memicu anda untuk selalu ngemil sepanjang hari. Jadi, nikmati sarapan anda beserta susu, gandum, dan buah-buahan segar.

2. Minum banyak air

Rasa haus sering kali mudah disalahartikan sebagai rasa lapar dan anda akhirnya mengonsumsi makanan berkalori ekstra. Minum hanya dua gelas air sebelum anda duduk untuk makan akan mengurangi rasa lapar dan pada akhirnya akan mengurangi asupan makanan anda. Selain itu, ketika anda terhidrasi dengan baik, pengeluaran energi anda meningkat yang akan membakar kalori lebih cepat.

3. Kendalikan porsi makanan

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, ada kemungkinan tubuh anda telah beradaptasi dengan makanan tinggi garam dan sarat lemak. Untuk alasan ini dan untuk kembali ke kebiasaan makan sehat anda lagi, disarankan untuk makan dengan porsi yang lebih kecil. Disamping itu Anda juga harus makan perlahan karena perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi tahu otak bahwa anda sudah kenyang.

4. Lakukan olahraga jalan kaki

Anda dapat berolahraga ringan jalan kaki selama 30 menit sehari. Hal ini tidak hanya membantu menjaga berat badan anda, tetapi juga dapat mengurangi kelebihan lemak tubuh, meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, dan juga mengurangi risiko berkembangnya kondisi seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.

5. Tidur

Bangun lebih awal selama bulan puasa mungkin telah membuat siklus tidur anda berubah. Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang tidak nyenyak dan kurang tidur sepanjang hari dapat meningkatkan risiko obesitas. Jadi, cobalah untuk tidur teratur pada waktu yang ditentukan setiap malam dan matikan lampu sebelum Anda tidur.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index