Tips Memasak dan Menyimpan Ketupat agar Tak Cepat Basi

Tips Memasak dan Menyimpan Ketupat agar Tak Cepat Basi
Ketupat (Foto: Budoyo jawi)

Riauaktual.com - Ketupat seakan sudah menjadi hidangan yang wajib ada saat lebaran. Setiap rumah tangga pastinya menyediakan ketupat dengan berbagai pilihan sayur saat Idul Fitri tiba.

Namun ketupat adalah salah satu hidangan yang cara memasaknya perlu trik yang tepat. Karena kalau tidak, ketupat seringkali berlendir atau basi di keesokan harinya. Dengan demikian, Anda tidak bisa menikmati ketupat dengan waktu lama.

 ketupat

Seorang penjaja ketupat Nashiah, memiliki tips tersendiri supaya ketupatnya tetap awet. Setiap jelang lebaran, dirinya selalu banjir pesanan. Sehingga jika ia tidak pandai memasak dan menyimpannya, ia bisa rugi besar.

Karena itu, Nashiah pun memberikan tips bagaimana caranya supaya ketupat bisa awet. Terlebih jika Anda bisa menyantapnya hingga beberapa hari setelah lebaran.

Ia mengatakan, kunci pertama untuk membuat ketupat lebih awet adalah dari memilih bahan-bahannya. Menurutnya, janur yang masih muda dinilai dapat membuat ketupat lebih awet.

"Pilih janur yang masih muda. Biasanya warnanya kuning kehijauan," tuturnya sebagaimana dikutip dari Okezone.com.

Selain itu, lanjut Nashiah, Anda bisa menambahkan air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci. Air kapur sirih berfungsi untuk membuat ketupat lebih awet dan juga membuatnya terasa lebih kenyal.

Saat memasak, Anda juga disarankan untuk menambahkan air panas ketika air rebusan mulai berkurang. Ini juga membuat ketupat tidak terkesan kotor.

Setelah matang, Anda disarankan untuk menggantung ketupat tersebut. Menggantung ketupat dapat membuat air sisa rebusan menetes dan menjaga ketupat tetap kering.

"Ketupatnya digantung saja dan dipotong hanya kalau mau disajikan. Ini biar enggak lembap atau cepat basi," tukasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index