Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan

Selasa, 04 Mei 2021 - 06:18:34 WIB Di Baca : 410 Kali


Riauaktual.com - MASIH ingat dengan kasus kopi sianida? Nah, baru-baru ini kembali hadir kasus keracunan sianida. Bedanya, kali ini sianida ditemukan dalam bumbu sate.

Memang keracunan sianida mungkin tidak akan terjadi, jika kita tidak diracun. Tapi, keracunan makanan seperti mual, muntah, diare, dan gejala lainnya umum terjadi.

Tapi, tidak perlu panik, jika mengalami gejala keracunan makanan. Cobalah konsumsi ramuan rumahan yang terbuat dari campuran beberapa jenis makanan. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Times of India.

Vitamin C

Vitamin C dikenal karena sifat antioksidannya. Kandungan terebut dapat membantu menghilangkan bakteri dan racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengalami gejala keracunan makanan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, dan kiwi.

Racun

Air perasan lemon

Air perasan lemon sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena kaya antioksidan. Di samping itu, lemon juga dipercaya dapat membantu sistem pencernaan. Campurkanlah ½ lemon dengan 1 gelas air untuk menyembuhkan gejala keracunan makanan. Jika rasanya terlalu asam, Anda bisa menambahkan madu.

Pisang

Masih ingat dengan ungkapan “an apple day keeps the doctor away” ? Selain apel, ternyata ada satu jenis buah-buahan yang ampuh dalam mengatasi keracunan makanan yakni, pisang. Pisang mengandung serat dan potassium yang cukup tinggi, sehingga dapat mengembalikan energi yang hilang ketika Anda mengalami keracunan makanan.

Madu dan jahe

Sejak zaman dahulu jahe sudah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Nah untuk meredakan gejala keracunan makanan, Anda bisa mencampurkan madu dengan 1-2 inci jahe, lalu tambahkan air hangat.

Kandungan gingerol yang terdapat pada jahe memiliki sifat antimikroba yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan. Sementara itu, madu digunakan untuk mempercepat proses pemulihan serta membantu menyingkirkan rasa mual.

Bawang putih

Bawang putih dikenal karena sifat antiviral, antibakteri, dan antijamurnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran tersebut juga dapat membantu tubuh membersihkan sistem pencernaan.

Jika salah satu anggota keluarga Anda mengalami keracunan makanan, segera berikan satu siung bawang putih segar dan konsumsilah bersama air mineral.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com