Apa Benar Jika Siksa Kubur Dihentikan Saat Ramadhan?

Apa Benar Jika Siksa Kubur Dihentikan Saat Ramadhan?

Riauaktualcom - Bulan ramadhan memang menjadi momen meminta ampunan kepada Allah SWT agar nantinya terhindar dari yang namanya siksa kubur.

Nah berbicara tentang siksa kubur nih tipstrenners, benar tidak sih jika siksa kubur akan dihentikan sementara saar ramadhan tiba?

Sebagian lembaga fatwa menegaskan bahwa mereka tidak pernah menjumpai adanya dalil mengenai hal ini.

Diantaranya lembaga Fatwa Syabakah Islamiyah, “Sesungguhnya adzab kubur dan kenikmatan keberadaannya disepakati ahlus sunah. Berdasarkan dalil dari al-Quran dan sunah yang shahih.”

“Dan kami tidak menjumpai adanya dalil yang menunjukkan bahwa adzab kubur dihentikan selama ramadhan,” (Fatawa Syabakah Islamiyah, no.152793).

Kemudian al-Hafidz Ibnu Rajab menjelaskan bahwa bisa jadi adzab kubur dihentikan di bulan-bulan mulia.

Hanya saja, beliau menegaskan bahwa hadis yang menyebutkan hal ini statusnya lemah. Dalam bukunya ahwal al-Qubur, beliau mengatakan,

“Adzab kubur bisa saja dihentikan pada bulan-bulan mulia. Diriwayatkan dengan sanad lemah dari Anas bin Malik bahwa adzab kubur untuk orang mati dihentikan pada bulan ramadhan,” (Ahwal al-Qubur, hlm. 105).

Hanya saja, ada beberapa kitab fikih yang menyebutkan tentang penundaan adzab kubur di bulan ramadhan, hanya saja tidak disebutkan dalilnya.

Jadi wallahu a’lam ya tipstrenners, semoga di bulan suci ramadhan seperti sekarang ini kita bisa membersihkan diri dari dosa dan terhindar dari siksa kubur.

 

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

#

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index