Hati-hati, Ada 5 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

Hati-hati, Ada 5 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa
illustrasi (int)

RiauAktual - Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu, sobat aktual, berikut ini lima hal yang dapat mengurangi pahala puasa kita. Apa saja itu, berikut kami paparkan:

1. Berbohong (Dusta): Sebaiknya, mengobroldengan teman atau orang dekat sebaiknya hanya tujuh menit saja. Jika lebih dari itu, berpotensi yang diceritakan adalah bukan yang sebenarnya, singkat kata cerita bohong atau fiktif belaka. Bohong merupakan salah satu tanda orang munafik. Jadi, kalau kita ingin puasa kita tidak rusak, maka perbanyak diam dan berzikir.

2. Ghibah (Menggunjing): Kalau yang ini, tidak usah dipertanyakan lagi. Karena sudah jelas. Umpamanya, membicarakan orang lain dan menjelekan sesama manusia.

3. Fitnah: Ada istilah bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Maka dari itu, pada Ramadhan ini jangan sampai asal tuduh atau suuzon sama orang lain.

4. Sumpah Palsu : Bersumpah palsu, dengan mengaitkan dengan agama, bahkan nama Allah, maka hal seperti ini juga dapat melunturkan pahala puasa kita.

5. Melihat dengan Nafsu : Hal ini lebih ke arah positif, yakni seseorang yang berkhayal yang bukan-bukan ketika melihat lawan jenisnya.

Demikian kami berikan lima hal yang akan mengurangi pahala puasa, hendaknya kita dapat menghindari lima hal tersebut jika kita tak ingin puasa hanya menahan lapar saja, sementara pahalanya sudah tercecer dimana-mana, na'uzubillah. (RA1)

Berita Lainnya

View All