Dapat Adipura, Pekanbaru Harus Bersih Semua Lini

Dapat Adipura, Pekanbaru Harus Bersih Semua Lini
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kota Pekanbaru untuk kesekiankalinya kembali mendapatkan penghargaan sebagai kota terbersih berupa piala Adipura. Penghargaan ini akan diberikan dalam pekan ini kepada Wali Kota Pekanbaru. Menurut DPRD Kota Pekanbaru dengan penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat untuk membut Pekanbaru bersih di semua lini.

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Zulfan Sulaiman, mengatakan, dengan piala ini maka kebersihan tidak hanya di jalan-jalan protokol atau pasar-pasar tertentu saja, melainkan semua lini di dalam Kota Pekanbaru. Kebersihan ini harus tampak nyata oleh masyarakat. Karena jika hanya simbol saja, dinilai Pemko tidak berhasil membina dan mengajak masyarakat untuk bersih.

"Kita tentu mengucapkan selamat kepada Pemko yang dapat mempertahankan gelar kota terbersih dengan mendapatkan Adipura kembali, tapi saya berharap ini menjadi penyemangat, bersih tidak hanya di lingkungan kantor Wali Kota saja, tapi seluruh titik harus bersih," kata Zulfan Sulaiman, Rabu (4/6/2014).

Menurut Zulfan, selama ini, Pekanbaru sering mendapatkan piala Adipura, namun kondisinya bertolak belakang, masih banyak pasar-pasar yang kotor dan bau, masih banyak tumpukan sampah di persimpangan jalan,dan tidak terangkut ke TPA. Dan juga masih banyak sampah warga yang bergantungan dipagar rumah padahal sudah siang.

"Ini tentu perlu di perhatikan, penghargaan jangan tinggal penghargaan. Piala di dapat tapi kondisi riilnya masih perlu perhatian," katanya.

Untuk itu, kata Zulfan, kepada dinas terkait dan juga para Camat, Lurah, RT dan RW agar dapat bersama-sama mengedukasi masyarakat tentang hidup bersih dan lingkungan bersih. "Bila perlu agar semua termotivasi gelar lomba kamoung terbersih, dan pemenang diberi hadiah, cara ini bisa juga dilakukan," tutupnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index