Jelang Ramadhan, Disperindag Diminta Pantau Kenaikan Harga Sembako

Jelang Ramadhan, Disperindag Diminta Pantau Kenaikan Harga Sembako
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Anggota DPRD Kota Pekanbaru Zaidir Albaiza SH, memminta agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan memantau kondisi harga sembilan bahan pokok di pasaran. Karena dari laporan masyarakat yang masuk ke dirinya, menjelang masuknya bulan Ramadhan beberapa sudah mulai melonjak.

"Disperindag harus turun ke lapangan memantau serta mengatasipasi kelangkaan dan kenaikan harga bahan pokok di pasaran menjelang bulan Ramadhan, kita khawatir ada penimbunan," kata Zaidir, Rabu (4/6/2014).

Kondisi meroketnya harga sejumlah kebutuhan pokok ini, menurut Zaidir, harus dilakukan pengawasan karena rawan menjadi lahan bagi pihak tak bertanggung jawab untuk menimbun barang guna mencari keuntungan besar saat Ramadhan nanti.

"Memang perlu ada pengawasan khusus dari Disperindag untuk secara langsung turun ke lapangan, sebab menjelang memasuki bulan suci Ramadhan ini kenaikan harga bahan pokok di pasaran kadang dibatas kewajaran," terangnya.

Memang, kenaikan barang komoditi ini, kata Zaidir, sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Masyarakat juga diminta cerdas dalam menyikapi kondisi tersebut dengan kreatif menanam kebutuhan ringan di pekarang rumah seperti sayur-mayur yang mudah tumbuh.

Disamping itu, Disperindag diminta rutin melakukan razia ke pasar-pasar ataupun tempat penimbunan bahan pokok yang dilakukan oleh oknum yang mencari keuntungan tersebut. Penimbunan yang dilakukan oleh spekulan ini tidak bisa dibiarkan, bila perlu pihak Disperindag harus bekerjasama dengan pihak kepolisian.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat jangan takut untuk melapor bila mengetahui tempat aksi penimbunan oleh orang yang tidak bertanggung jawab ini," imbuhnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index