foto: istimewa

Berkuliah di Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Islam Riau

Selasa, 23 Maret 2021 - 22:11:32 WIB Di Baca : 1110 Kali

Riauaktual.com - Jika anda berkesempatan untuk mengunjungi wilayah Pakistan dan India bagian barat, anda akan menemukan salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO, yaitu Lembah Sungai Indus.

Lembah Sungai Indus ini menjadi saksi peradaban Kota Mohenjodaro dan Harappa yang cukup maju pada masanya, yang diyakini para arkeolog telah ada sekitar 2500 sebelum Masehi.

Perkembangan kota Mohenjodaro dan Harappa saat itu berkembang pesat yang dapat disandingkan dengan Mesopotamia, Mesir Kuno dan Yunani. 

Salah satu yang paling menonjol dari kedua kota ini adalah dari sisi Teknik perencanaan wilayah dan kota yang ditandai dengan kontruksi bangunan, bentuk kota, fasilitas umum hingga drainase dan sanitasi yang diatur sedemikian rupa sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakatnya.

Peradaban ini lembah Sungai Indus sendiri mengalami kemunduran pada tahun 1800 SM dikarenakan adanya fenomena perubahan iklim saat itu yang mengakibatkan masyarakatnya untuk pindah ke kaki gunung Himalaya.

Belajar dari sejarah, perencanaan wilayah dan kota (dahulu dikenal dengan istilah planologi) menjadi hal yang penting. Hal ini dikarenakan bagaimana perencanaan wilayah dan kota mengakomodasi perubahan-perubahan di masa depan yang bersifat dinamis seperti pertambahan jumlah penduduk, ancaman bencana dan perubahan iklim dengan menggunakan kemajuan teknologi.

Tujuan dari perencanaan wilayah dan kota tentunya adalah bagaimana merencanakan pembangunan yang berkelanjutan sehingga manfaat dari pembangunan ini dapat dirasakan oleh masyarakat saat ini maupun anak cucu di masa depan.

Sebagai ilustrasi, pada masa depan penduduk akan terus mengalami pertumbuhan namun di sisi lainnya luasan (kuantitas) ruang wilayah dan kota yang tetap, jika tidak dibarengi dengan optimalnya perencanaan wilayah dan kota, maka di masa depan isu-isu seperti kemacetan, permukiman kumuh, banjir dan bencana lainnya akan banyak dijumpai serta mempengaruhi kehidupan masyarakat di segala aspek.

 

Kuliah di Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Islam Riau (UIR)

Perencanaan Wilayah dan Kota atau yang disingkat PWK (dahulu dikenal dengan planologi) merupakan salah satu jurusan yang berasosiasi dengan Fakultas Teknik. Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota ini merupakan ilmu yang bersifat multi-disiplin.

Secara umum, pada jurusan ini kamu akan menjumpai mata kuliah perencanaan wilayah, perencanaan kota, transportasi, pariwisata yang didukung oleh mata kuliah dari bidang ilmu lainnya seperti geologi lingkungan, Ilmu Ukur Tanah (mempelajari survey dan perpetaan), sistem sosial, ekonomi wilayah, hukum dan kebijakan serta kewirausahaan.

Teknik PWK berbeda dengan jurusan teknik lainnya seperti teknik sipil, teknik arsitektur ataupun teknik lingkungan. Pada jurusan ini diperlukan berpikir secara sistematis dalam merencanakan suatu wilayah atau kota. Hal ini diperlukan karena nantinya, dalam merencanakaan suatu wilayah nantinya seorang perencana atau planner (alumni PWK) akan mengakomodasi segala kepentingan dan mengintegrasikan ke dalam dokumen tata ruang seperti Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Ciri khas seorang planner adalah terlatih berpikir secara sistematis, sehingga memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Planner dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementrian PPN/Bappenas, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementrian ATR/BPN), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan instansi lainnya yang sangat membutuhkan seorang planner. Selain itu planner dapat bekerja pada bidang swasta sebagai konsultan perencana, peneliti dan dosen pada perguruan tinggi.

 

Kuliah di Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Islam Riau (UIR)

Salah satu universitas yang menawarkan ilmu terkait perencanaan wilayah dan kota ini adalah Universitas Islam Riau (UIR). Program studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) berada pada Fakultas Teknik UIR yang berdiri sejak tahun 2006.

Program studi ini merupakan program studi pertama di Fakultas Teknik yang mendapatkan akreditasi B. Saat ini Teknik PWK UIR memiliki 12 orang dosen tetap yang merupakan lulusan dari kampus terbaik nasional dan internasional. 2 orang dosen sudah bergelar doktor dan 1 orang sedang mengambil tugas belajar untuk S3. Dalam rangka membantu mahasiswa yang berkuliah, Teknik PWK UIR dan Fakultas Teknik menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa aktif.

Teknik PWK UIR terus berbenah memperbaiki diri untuk dapat bersaing dan menjawab tantangan-tantangan pembangunan yang ada di Pekanbaru dan Riau secara khusus dan Indonesia pada umumnya. Untuk mendukung itu, Teknik PWK UIR telah memiliki banyak kerjasama nasional dan internasional dengan universitas dan instansi lainnya dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar. Sebagai contoh, mahasiswa Teknik PWK UIR mengikuti program magang dan pertukaran pelajar dengan Universitas Teknologi Mara (UiTM) Perlis, Malaysia pada tahun 2018 dan 2019.

Mahasiswa Teknik PWK UIR pun telah banyak mendapat prestasi nasional dan internasional. Pada tahun 2019, mahasiswa Teknik PWK UIR mendapat juara 2 nasional atas karya studio yang dihasilkan mengalahkan Teknik PWK Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dalam rangka mengimplentasikan ilmu yang diperoleh, Teknik PWK UIR juga berperan aktif dalam membantu pemerintah kabupaten di Provinsi Riau dalam merencanakan wilayah dan kota. Pada tahun 2018 dan 2019, Teknik PWK UIR membantu pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam memetakan batas desa dan pada tahun 2020 Teknik PWK UIR juga dipercaya untuk membantu pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menyusun dokumen perencanaan wilayah (RTRW). Saat ini alumni Teknik PWK UIR, sudah banyak bekerja pada instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri SIpil (PNS) dan konsultan perencana yang tersebar di banyak provinsi seperti Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat.

Jadi buat kamu yang ingin menjadi solusi dalam permasalahan-permasalahan kota dan ini membuat kota kamu menjadi lebih baik, tunggu apalagi. Ayo bergabung dengan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Universitas Islam Riau. Silahkan daftar pada link berikut : https://pmb.uir.ac.id/

 

Penulis: Idham Nugraha, S.Si., M.Sc. Dosen tetap Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Islam Riau (UIR)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com