Hindari Antrian, Satlantas Rohil Minta Warga Manfaatkan Aplikasi I-Link 

Kamis, 04 Maret 2021 - 00:35:43 WIB Di Baca : 1426 Kali


Riauaktual.com - Di masa Pandemi Covid-19 ini, Satlantas Polres Rokan Hilir mulai menerapkan sistem pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) tanpa mengantri. 

Artinya, dengan bermodalkan Gadget dan mengunduh aplikasi I-Link warga Rohil, bisa mengurus sim melalui handphone.

Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto, melalui Kasatlantasnya, AKP David Ricardo, Rabu (3/3/2021)  kemarin mengatakan, inovasi ini dikeluarkan sejalan dengan program pemerintah untuk mencegah antrian saat pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). 

''Tujuannya mengantisipasi penyebaran virus Covid-19,'' kata Ricardo.

Lanjut Kasat, dengan penerapan pendaftaraan SIM online dan antrian SIM online, sengaja dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Satpas.

''Dengan aplikasi ini, diharapkan masyarakat tidak perlu repot-repot menyisihkan waktu datang ke Satpas Rohil, mengantri, mengisi formulir, hingga khawatir tertular Virus Corona pada saat antri bersama masyarakat lainnya,'' harap Ricardo.

''Dengan memanfaatkan aplikasi ini. Masyarakat yang ingin mengurus SIM cukup melakukanya dari rumah saja,'' tambah Ricardo.

Kasat menghimbau masyarakat yang ingin mencoba, hanya tinggal men-download aplikasi I-Link di handphone, kemudian pilih fitur Pendaftaraan SIM Online. 

Adapun langkah-langkahnya, untuk peserta uji SIM dalam mengisi formulir pendaftaraan. Setelah melakukan registrasi, selanjutnya masyarakat biasa langsung melakukan uji SIM, tanpa harus menunggu peserta uji langsung melaksanakan ujian sesuai waktu yang dipilihnya.

''Setelah mengisi formulir, lalu masyarakat yang ingin ujian, cukup datang dengan menunjukkan kode pendaftaran online kepada petugas diloket pendaftaraan Satpas,'' terang Ricardo.

Selain menu pembuatan SIM. Dalam aplikasi ini, masyarakat juga bisa melaporkan kejadian lakalantas yang ada di wilayah hukum Polres Rohil, melalui aplikasi I-Link ini.

''Dengan aplikasi ini juga, kami berharap kejadian lakalantas dapat ditangani dengan cepat oleh aparat kepolisian,'' tutup Ricardo. (HA)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com