Pemprov Riau akan Jadikan Pulau Rupat sebagai Pulau Zakat

Pemprov Riau akan Jadikan Pulau Rupat sebagai Pulau Zakat
Plh Sekdaprov Riau Masrul Kasmy bertemu Basnaz Riau membahas Pulau Rupat yang akan dijadikan sebagai Pulau Zakat, Selasa (19/1/2021).

Riauaktual.com - Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis rencananya akan dijadikan Pulau Zakat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Untuk mematangkan konsep tersebut, diadakan pertemuan dengan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau di Gedung Lancang Kuning, Selasa (19/1/2021).

Pertemuan dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy. Usai pertemuan ia mengatakan bahwa pulau zakat merupakan permintaan dari Baznaz Riau yang sudah mendapatkan restu dan dukungan Gubernur Riau Syamsuar.

"Program ini sudah mendapatkan dukungan dari pak gubernur, agar menggagas sebuah pulau di Riau untuk dijadikan sebagai pulau zakat," kata Masrul kepada wartawan.

Program pulau zakat, dijelaskan Masrul, merupakan hal baru yang akan dibuat di satu pulau di wilayah Riau. Fokusnya untuk penerapan dari asnaf maupun muzakki, serta nanti pemanfaatan zakatnya dikelola dan bisa digunakan untuk kemaslahatan umat, terutama di pulau rupat itu sendiri.

"Program ini akan diterapkan di Pulau Rupat (Kabupaten Bengkalis) yang didorong sebagai pulau zakat. Dalam waktu dekat kita akan turun untuk melihat langsung lokasinya," ujar Masrul.

Ia menerangkan, bentuk dari pulau zakat tersebut, yaitu intervensi meningkatkan dakwah, pendidikan dan perekonomian. Sehingga perlu bersinergi dari masing-masing unsur, baik itu pemerintahan maupun swasta termasuk dari badan zakat sendiri.

"Tentu ini akan menjadi model kedepannya dan konsep ini diterima secara luas dengan dukungan dari OPD-OPD, sehingga dapat dimasukkan kedalam programnya di daerah," katanya lagi.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau Dr Saidul Amin mengatakan, program pulau zakat di Rupat yakni sebagai pusat pendidikan, dakwah dan ekonomi. Bahkan sudah di siapkan lahan 2 hektar untuk program tersebut.

Bidang pendidikan yang akan dibangun seperti pasantren dan pusat rehabilitasi narkoba. Untuk pusat dakwah akan dikirim dai, sedangkan program ekonomi dengan memberikan bantuan kapal nelayan, tambak udang vename dan alat tangkap ikan bagi warga setempat.

Selain di Pulau Rupat kata Saidul Amin, program pulau zakat telah berjalan di Pulau Mendul Kabupaten Pelalawan. Dimana sudah disiapkan mualaf center. 

Selain Plh Sekda, pertemuan dihadiri kepala Dinas Pendidikan Zul Ikram Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Asrizal, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Herman dan Kabid pemerintahan dan sumberdaya manusia Bappedalitbang Herianto, Komisioner Baznas Dr Yahnan.

Editor: Friedrich Edward Lumy

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index