Ilustrasi (net)

Lima Fenomena Luar Biasa Bulan yang Bisa Kamu Saksikan di Januari 2021 Ini

Rabu, 13 Januari 2021 - 07:55:00 WIB Di Baca : 377 Kali


Riauaktual.com - Berbagai planet di luar angkasa memang memberikan banyak sekali keunikan yang bisa membuat rasa penasaran manusia semakin besar. Berbagai fenomena juga sering sekali ditunjukan salah satunya oleh bulan.

Dikutip dari Pojoksatu.id, nenurut berbagai sumber, di bulan Januari 2021 ini saja banyak sekali fenomena bulan yang luar biasa. Ini dia!

1. Konjungsi Bulan dengan Venus: 12 Januari 2021

Kita bisa melihat planet Venus muncul sebagai bintang paling terang sekitar pukul 05.15 atau menjelang Matahari terbit.

Di waktu ini, kita bisa melihat ke arah langit timur tepatnya berada di 1 derajat di dekat bulan. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan konjungsi Bulan dan Venus.

2. Konjungsi Bulan dengan Mars: 21 Januari 2021

Kalau ingin melihat planet Mars, jangan lupa untuk melihatnya di sekitar pukul 18.45 waktu setempat.

Itu adalah waktu pengamatan yang tepat karena Bulan dan Mars akan terlihat di langit. Kemudian akan terbenam sekitar pukul 23.45 malam.

Jika melihat tanpa alat bantu, maka mars akan terlihat seperti bintang berwarna kemerahan yang berada sekitar 5 derajat dari Bulan.

3. Fase Bulan Perbani Awal: 21 Januari 2021

Sama seperti perbani akhir, fase ini juga membuat Bulan terlihat hanya separuh saja.

Hal yang membedakan hanyalah bagian yang disinari Matahari pada fase perbani awal adalah yang sedang malam hari di fase perbani akhir.

4. Waktu Terbaik Melihat Merkurius: 23 Januari 2020

Teman-teman tentu ingat kalau Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan Matahari.

Hal ini menyebabkan kita jarang sekali bisa melihat Merkurius di malam hari. Penyebabnya adalah Merkurius tidak bisa berada jauh dari Matahari.

Namun di tanggal 23 Januari mendatang kita bisa melihat Merkurius pada ketinggan 17 derajat setelah Matahari terbenam. Perlu diingat, untuk melihatnya dengan jelas, kita perlu bantuan teleskop!

5. Fase Bulan Purnama: 29 Januari 2021

Kita sudah bisa melihat peristiwa ini sejak 28 Januari 2021 saat Matahari terbenam. Namun, Bulan akan masuk fase purnama pada pukul 02.16 WIB.

Itu tadi beberapa peristiwa langit yang akan hadir di sepanjang Januari 2021. Peristiwa langit mana yang paling kamu tunggu?





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com