Ganti Dengan Obat Paten

Gubernur Riau Minta RSUD Arifin Achmad Tinggalkan Obat Generik

Gubernur Riau Minta RSUD Arifin Achmad Tinggalkan Obat Generik
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Gubernur Riau H Annas Maamun, mengaku sangat miris melihat kondisi pelayanan kesehatan di rumah sakit, terutama di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang masih menggunakan obat generik.

Dalam tinjauan rombongan Gubri ke RSUD AA beberapa waktu lalu, diketahui bahwa masyarakat yang sakit hanya diberi obat generik seadanya. Maka kedepan Gubri menginginkan obat generik tidak digunakan lagi untuk masyarakat.

"Saya tak sependapat dengan Menteri Kesehatan, saya lihat kemarin di RSUD mau tender obat generik, saya tanya mengapa harus obat generik. Saya minta beli obat paten. Kalau menolak saya bilang sama orang rumah sakit, yang bisa memecat anda bukan Menteri Kesehatan," kata Annas, menyindir, saat rapat koordinasi di gedung daerah, Rabu kemarin.

Mau obat generik atau obat paten pun, kata Annas, pemerintah tetap bayar. Walaupun agak mahal, yang penting ampuh dalam menyelesaikan persoalan kesehatan masyarakat.

"Kenapa harus obat generik, kan kita tetap beli, kenapa tak beli yang bagus saja. Ini saya lihat masyarakat berobat ke sana (RSUD) batuk kering obatnya OBH, batuk berdahak OBH juga, masyarakat kita ini butuh obat yang sesuai dengan penyakitnya," tuturnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index