KPPS Terlibat Timses Caleg, Coret

KPPS Terlibat Timses Caleg, Coret
panwaslu

PEKANBARU (RA)- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekanbaru mendapati seorang yang pernah menjadi Ketua KPPS saat Pilgubri 2013 lalu menjadi tim sukses salah satu caleg.
Kini, Panwaslu tengah menyelidiki kemungkinan nama bersangkutan diusulkan kembali dan Panwascam sudah menyurati PPK bersangkutan untuk dicoret sebagai calon anggota KPPS yang akan dilantik untuk Pileg 9 April 2014 mendatang.
 

Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Pekanbaru Bustami Ramzi membenarkan adanya laporan dari Panwaslu Kecamatan Senapelan bahwa ada seorang Ibu di Kelurahan Padang Bulan yang notabenenya mantan petugas KPPS lama dilaporkan masyarakat setempat sering memfasilitasi pertemuan caleg di kediamannya.
 

"Kita sudah sudah dapat laporan resmi dari Panwascam. Untuk itu, kita menegaskan kepada KPU dan jajaran, yakni PPK dan PPS yang akan merekrut anggota KPPS ini benar-benar bebas dari kepentingan politik praktis. Saya rasa ini cukup menjadi pelajaran penting bagi semua pihak terkait," sebut Bustami, Rabu (19/3/2013).
 

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk berperan aktif memberikan laporan tentang keterlibatan penyelenggara Pemilu menjadi tim sukses caleg, bukan saja PPK, PPS dan KPPS, tapi juga pengawas Pemilu di berbagai tingkatan. Jika menjadi fasilistaor caleg atau tim sukses dan nama lainnya, segera laporkan ke Panwaslu kota Pekanbaru.
 

"Sebab sebagai penyelenggara Pemilu kita juga diikat dengan kode etik. Jika itu terbukti maka bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat lagi menjadi penyelenggara Pemilu. Kini, sudah ada lembaga DKPP yang memberi sanksi tegas," tegasnya.
 

Disebutkannya, masyarakat sangat berperan aktif melakukan pengawasan partisipatif terhadap keterlibatan penyelenggara Pemilu yang “bermain mata” dengan peserta Pemilu dalam hal ini caleg di berbagai tingkatan. ‘’Masyarakat tidak perlu ragu untuk membuat laporan. Kalau itu didukung dengan bukti yang kuat, kita bisa proses,’’ tambahnya lagi

 

Laporan: Rls

Editor: Don

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index