Jelang Pendaftaran Cabub dan Cawabup Besok, Ketua KPU Siak Ahmad Rizal: Kami Sudah Siap Sambut Semua Calon

Jelang Pendaftaran Cabub dan Cawabup Besok, Ketua KPU Siak Ahmad Rizal: Kami Sudah Siap Sambut Semua Calon
Ketua KPU Siak Ahmad Rizal

Riauaktual.com - Menjelang pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ahmad Rizal mengatakan sudah siap menyambut kedatangan semua para calon besok, Jum'at (04/09).

Hal tersebut dikatakan Rizal, usai menggelar rapat koordinasi dengan berbagai unsur. Diantaranya, Polres Siak, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Gugus Tugas, Bawaslu dan Satpol PP.

"Oleh karena itu, besok kita sambut kedatangan semua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak untuk mendaftar. Selain itu, kita juga sepakat melakukan rekayasa jalan baik jalan masuk maupun jalan keluar di kantor KPU. Sehingga, rekayasa ini tidak menimbulkan pertemuan masa nantinya ucap Rizal," ke Riauaktual.com, Kamis (03/09/2020).

Untuk menghindari hal itu kata Rizal, pihaknya telah menyurati setiap calon untuk menentukan titik kumpul yang tidak bersamaan.

Misalnya, calon yang satu titik kumpulnya di A, satu lagi di B, dan satu lagi C, jadi menurut dia para calon tidak bersamaan berkumpul.

"Rekayasa lalu lintas ke arah KPU nantinya, kita arahkan para calon masuknya dari Bundaran Jembatan Siak ke arah Gedung Kesenian, baru ke KPU. Setelah itu, keluarnya di depan DPRD,"terang Rizal.

Menurut dia, dengan rekayasa lalulintas tersebut sehingga tidak ada tumpukan masa yang satu arah. Sehingga calon lainnya bisa masuk lagi di tempat pendaftaran.

Sementara di ruang pendaftaran, selain orang dibatasi masuk sebut Rizal para calon tetap harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19, seperti wajib pakai masker, jaga jarak kemudian cuci tangan.

"Yang kita perbolehkan masuk, pasangan Cabup dan Cawabup, ketua dan sekretaris partai pengusung yang bisa masuk ke ruangan. 

Rizal menjelaskan, pendaftaran Cabup dan Cawabup di KPU Siak besok, sekaligus 3 pasang.

"Jam nya berbeda. Mungkin, pak Alfedri-Husni jam 09:00 pagi, kemudian pak Said Arif Fadilah - Sujarwo, jam 14:00 siang, dan pak Sayed Abu Bakar Assegaf dan Ibu Reni Nurita jam 15:45 sore,"kata Ketua KPU Siak tersebut.

"Jadi, ini yang harus kita sambut dan kita siapkan bagaimana rekayasa jalan yang ada di sekitaran KPU Kabupaten Siak,"terangnya.

Selain itu kata Rizal, nantinya KPU Siak akan melakukan simulasi-simulasi di internalnya terkait bagaimana teknis-teknis penerimaan pendaftaran para Calon yang datang.

"Tujuannya, supaya kita bisa memperkirakan berapa lama waktu terpakai dalam pemeriksaan administrasi setiap calon nantinya," tuturnya.

Ketua KPU Siak tersebut, berharap kepada semua calon Cabup dan Cawabup Siak agar datang bersama timnya cepat dan tepat waktu.

"Kalau ada yang molor, kita kuatir calon lainnya mendaftar telat. Maka dengan itu, kita minta betul kepada setiap calon tepat waktu,"pinta Ketua KPU Siak tersebut. (Inf/Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index