Aparat Kepolisian Diminta Segera Menyelidiki Hingg

Persaingan Bisnis di Lokasi Strategis, Dugaan Penyebab Kebakaran di Jalan Durian

Persaingan Bisnis di Lokasi Strategis, Dugaan Penyebab Kebakaran di Jalan Durian
Bangunan yang terbakar berada di persimpangan Jalan Durian-Jalan Soekarno Hatta. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Kamaruzaman, meminta aparat kepolisian segera mencari tahu penyebab hangusnya 9 petak rumah dan memakan 7 korban jiwa.

Hal ini disampaikannya ketika mendengar adanya laporan yang disampaikan saksi kepada dirinya atas kebakaran yang terjadi di Jalan Durian Ujung, Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru yang merupakan daerah pemilihan Kamaruzaman, bahwa ada indikasi sengaja dibakar.

"Ini daerah strategis, miliaran harganya (lahan). Ini yang saya terima dari saksi, katanya banyak kejanggalan dalam kejadian kebakaran hebat ini," ungkap Kamaruaman, Jumat (28/2/2014).

Karena menuai banyak dugaan disengaja dibakar, Politisi Partai Demokrat ini meminta Polresta Pekanbaru bekerja keras mengungkap dan menjawab pertanyaan masyarakat tentang dugaan tersebut.

Sebab, sesuai data yang didapatkan Kamaruzaman di lapangan, bahwa titik api saat kebakaran terdapat beberapa, yakni dari belakang bangunan dan depan. Anehnya juga, dalam kebakaran ini korban jiwa cukup banyak yakni 7 orang termasuk anak-anak satu orang.

"Aneh juga, kalau dari laporan yang saya terima dari warga yang menjadi saksi, mengapa saat warga sudah teriak-teriak, penghuni rumah yang terbakar ini tidak bergegas keluar," tuturnya.

Bisa jadi, korban sudah dibunuh di dalam atau juga berbagai kemungkinan lainnya dalam hal persaingan bisnis di daerah yang strategis itu. Kamaruzaman mengharapkan agar secepatnya pihak kepolisian untuk mengungkap dan memberikan titik terang atas berbagai dugaan-dugaan tersebut.

"Tentu pihak kepolisian dalam hal ini bekerja keras dan merekalah yang nantinya akan menjawab semua kemungkinan-kemungkinan yang dipertanyakan masyarakat,' tuturnya.

Kamaruzaman juga menghimbau, bisa jadi kebakaran ini juga terjadi karena konsleting instalasi arus listrik sebagaimana yang selama ini menjadi penyebab kebakaran bangunan di Kota Pekanbaru.

"Maka juga kita himbau masyarakat mari lakukan pemeriksaan secara berkala instalasi listrik di rumah kita, entah sekali tiga tahun, agar tidak konslet dan tidak terjadi hal yang kita tidak inginkan," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, kebakaran hebat yang terjadi di Jalan Durian Ujung subuh Jumat kemarin sekitar pukul 05.00 WIB, menghanguskan 9 petak rumah dan kios. Musibah ini juga memakan korban jiwa 7 orang dari dua keluarga yang rumahnya terbakar. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index